Pengembangan media pembelajaran game maturtle education untuk pembelajaran pemrograman berorientasi objek bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan creative thinking pada siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang / Musfiratus Solehah

Solehah, Musfiratus (2020) Pengembangan media pembelajaran game maturtle education untuk pembelajaran pemrograman berorientasi objek bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan creative thinking pada siswa kelas X di SMK PGRI 3 Malang / Musfiratus Solehah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solehah, Musfiratus. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Game Maturtle Education untuk Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Bermuatan Challenge Based Learning untuk Menumbuhkan Creative Thinking pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 3 Malang.Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) HaritsArRosyid, S.T., M.T. Ph.D. Kata Kunci: Game Maturtle Education, Pemrograman Berorientasi Objek. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi pada mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) bagi siswa SMK. Rendahnya tingkat pemahaman siswa mengenai mata pelajaran PBO mempunyai kaitan erat dengan proses pembelajaran yang berlangsung. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMK PGRI 3 Malang, menunjukkan bahwa 85,7% peserta didik masih belum menguasai materi dengan baik dan merasa bosan pada saat proses pembelajaran. Kemudian berdasarkan hasil pengamatan yang pengembang lakukan selama melakukan Kajian Praktik Lapangan (KPL) disekolah, belum terdapat media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran PBO. Serta alasan pemilihan game edukasi sebagai media pendukung pembelajaran yaitu berdasarkan hasil observasi berupa angket online menunjukkan bahwa 83,3% siswa bermain game setiap hari dalam rentang waktu 1-3 jam perhari. Namun game yang dimainkan hanya memprioritaskan unsur adiktif dan mengabaikan unsur edukatif. Tahapan pengembangan pada penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation)yaitu terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validasi media pada pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang memiliki kompetensi di bidang mata pelajaran Pemrograman Beroerientasi Objek serta ahli media yang kompeten di bidang game edukasi. Media yang telah divalidasi akan diujicobakan kepada siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK PGRI 3 Malang. Pengembangan media game “Maturtle Education” ini menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh persentase sebagai berikut: hasil validasi oleh ahli media mendapatkan hasil sebesar 90% dan validasi oleh ahli materi sebesar 95%. Sedangkan hasil uji coba pada kelompok kecil sebesar 89% dan pada uji coba kelompok besar sebesar 92%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar(2013:41), media pembelajaran tergolong kriteria sangat layak dan artinya media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Uji coba juga dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dan memperoleh persentase sebesar 87%. Berdasarkan kriteria kreativitas menurut Purwanto (2006), tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan media pembelajaran game edukasi tergolong sangat kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84980

Actions (login required)

View Item View Item