Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif para pemrograman web dan perangkat bergerak bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan problem solving siswa kelas XI SMK di Malang / Muhammad Ardian Irfanudin

Irfanudin, Muhammad Ardian (2019) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif para pemrograman web dan perangkat bergerak bermuatan challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan problem solving siswa kelas XI SMK di Malang / Muhammad Ardian Irfanudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irfanudin, Muhammad Ardian. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Bermuatan Challenge Based Learning untuk Menumbuhkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI SMK di Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., (II) Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smartphone, Aplikasi Android. Media pembelajaran memilki keterkaitan yang erat dengan keberhasilan mencapai tujuan dari sebuah pembelajaran. Mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak masuk dalam kategori C3 dalam struktur Kurikulum 2013 revisi tahun 2018, sehingga penting bagi siswa RPL untuk menguasai mata pelajaran paket keahlian melalui sumber belajar yang memadai dan mudah diakses. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa sekolah di Malang, sumber belajar yang digunakan oleh guru hanya mengandalkan demonstrasi materi dengan bantuan file berekstensi .pdf dan .ppt. Beberapa sekolah masih mengacu pada BSE (Buku Sekolah Elektronik) yang kompetensinya kurang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Selain itu, banyak siswa yang memiliki smartphone akan tetapi kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, untuk membantu proses pembelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak dan untuk menumbuhkan kemampuan problem solving siswa pada pemrograman, maka dikembangkan produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dijalankan di smartphone dengan sistem operasi android untuk siswa kelas XI SMK di Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, selanjutnya validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan ahli media, selanjutnya dilakukan uji coba kelayakan pada 2 kelompok dalam skala kecil dan besar. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil validasi materi oleh 2 ahli diperoleh persentase sebesar 89,13%, hasil validasi media oleh ahli diperoleh persentase sebesar 92,73%, hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai persentase tingkat kelayakan media sebesar 78,32%, dan 88,93% untuk kelompok besar, tingkat pengaruh media terhadap kemampuan problem solving siswa pada kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 74,42% dan 85,69% pada kelompok besar. Berdasarkan data hasil validasi dan uji coba, media pembelajaran aplikasi PWDPB dapat dibuat kesimpulan. Sebagai berikut: (1) Kelayakan secara keseluruhan melalui tahapan evaluasi diperoleh respon kriteria cukup layak; (2) Pengaruh produk terhadap kemampuan problem solving pengguna diperoleh respon dari pengguna dengan kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84979

Actions (login required)

View Item View Item