Relevansi kurikulum pendidikan teknik informatika dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) bidang informatika di Kota Malang pada Program Praktik Industri S1 PTI FT UM / Retno Ayu Dwi Astuti

Astuti, Retno Ayu Dwi (2019) Relevansi kurikulum pendidikan teknik informatika dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) bidang informatika di Kota Malang pada Program Praktik Industri S1 PTI FT UM / Retno Ayu Dwi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti, Retno Ayu Dwi. 2019. Relevansi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Bidang Informatika di Kota Malang pada Program Praktik Industri S1 PTI FT UM. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Tri Atmadji. S., M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T. Kata Kunci : Relevansi, Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika, Kebutuhan DUDI, Praktik Industri Pendidikan Teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Universitas Negeri Malang. Salah satu program pengalaman lapangannya yaitu Praktik Industri. Praktik Industri merupakan kegiatan yang dilakukan di industri untuk melatih mahasiswa bekerja di industri (DUDI) atau perusahaan dan mengimplementasikan kompetensi yang didapat saat di kampus. Dengan begitu tempat praktik industri harus sesuai dengan kompetensi keahliannya agar kompetensi yang didapat bisa diimplementasikan dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan relevansi kurikulum Pendidikan Teknik Informatika FT UM dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI Bidang Informatika yang berada di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh DUDI Bidang Informatika tempat Praktik Industri mahasiswa PTI di Kota Malang. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan didapat sampel DUDI sebanyak 9 DUDI yang terdiri dari 40 responden, kemudian untuk sampel mahasiswa didapat 55 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2014 & 2015 yang telah melaksanakan Praktik Industri di 9 DUDI tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi keahlian bidang multimedia yang dibutuhkan DUDI memiliki persentase sebesar 50% berada pada kompetensi animasi. Kemudian untuk kompetensi keahlian bidang teknik komputer dan jaringan yang dibutuhkan DUDI memiliki persentase sebesar 88,75% berada pada kompetensi input dan output. Sedangkan kompetensi keahlian bidang rekayasa perangkat lunak yang dibutuhkan DUDI memiliki persentase sebesar 91,25% berada pada kompetensi pemrograman web. Tingkat penerapan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa PTI dan diterapkan di DUDI saat melaksanakan Praktik Industri sebesar 75,5% sehingga tingkat penerapannya dalam kategori tinggi. Kemudian untuk tingkat relevansi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika dengan kebutuhan DUDI sebesar 81,2% sehingga tingkat relevansinya yaitu tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84978

Actions (login required)

View Item View Item