Hubungan antara social intelligence dan wawasan berwirausaha dengan kepercayaan diri untuk berwirausaha siswa SMKN kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang / Christyan Lucky Nawangsari

Nawangsari, Christyan Lucky (2019) Hubungan antara social intelligence dan wawasan berwirausaha dengan kepercayaan diri untuk berwirausaha siswa SMKN kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang / Christyan Lucky Nawangsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nawangsari, Christyan Lucky. 2018. Hubungan antara Social Intelligence dan Wawasan Berwirausaha dengan Kepercayaan Diri untuk Berwirausaha Siswa SMKN Kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., pembimbing (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci: Social Intelligence, Wawasan Berwirausaha, Kepercayaan diri untuk Berwirausaha. Pendidikan sekolah merupakan tempat dan media yang paling efektif untuk mencetak generasi penerus yang kreatif dan inovatif. Sebagai siswa yang dipersiapkan untuk bekerja dalam bidang tertentu, sudah seharusnya siswa memiliki kepercayaan diri untuk berwirausaha. Kepercayaan diri siswa untuk berwirausaha dipengaruhi oleh social intelligence dan wawasan berwirausaha. Dengan mengacu pada faktor-faktor tersebut, dilakukan penelitian yang berjudul “Hubungan Antara Social Intelligence (X1) dan Wawasan Berwirausaha (X2) dengan Kepercayaan Diri untuk Berwirausaha (Y) Siswa SMKN Kelas XII Program Keahlian Multimedia di Kota Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan social inteligence (X1), wawasan berwirausaha (X2), dan kepercayaan diri untuk berwirausaha (Y), (2) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan Y, (3) mengungkap signifikansi hubungan antara X2 dan Y, dan (4) mengungkap signifikansi hubungan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket tertutup. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII program keahlian Multimedia di Kota Malang dengan sampel sebanyak 150 siswa dengan berpedoman pada Nomogram Harry King dan teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi menggunakan bantuan software SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Y dalam kategori sangat tinggi; (2) X1 dalam kategori sangat tinggi; (3) X2 dalam kategori tinggi; (4) koefisien korelasi parsial X1 dengan Y sebesar 0,238; (5) koefisien korelasi parsial X2 degan Y sebesar 0,575; (6) nilai regresi ganda sebesar 0,720 dengan nilai F sebesar 79,239 (sig. 0,000 < 0,05). Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dengan Y; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan; (4) sumbangan relatif (SR) X1 sebesar 20,86% dan X2 sebesar 79,13%; (5) sumbangan efektif (SE) X1 sebesar 10,82% dan X2 sebesar 41,06%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84976

Actions (login required)

View Item View Item