Pengembangan media interaktif bermuatan CTL belajar dasar desain grafis untuk menumbuhkan kreativitas pada siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 7 Malang / Devi Rusilawati

Rusilawati, Devi (2019) Pengembangan media interaktif bermuatan CTL belajar dasar desain grafis untuk menumbuhkan kreativitas pada siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 7 Malang / Devi Rusilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rusilawati, Devi. 2019. Pengembangan Media Interaktif Bermuatan CTL Belajar Dasar Desain Grafis untuk Menumbuhkan Kreativitas pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 7 Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Media Interaktif, CTL, Kreativitas, Dasar Desain Grafis. Media interaktif adalah alat perantara yang dirancang dengan pemanfaatan komputer menggunakan unsur seperti suara (audio), gambar (visual) dan teks untuk menyampaikan suatu pesan, dimana pengguna tidak hanya mendengar dan melihat unsur visual dan suara, tetapi juga memberikan respon secara aktif yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran Dasar Desain Grafis di Jurusan Multimedia SMK Negeri 7 Malang memiliki kendala yaitu kurangnya variasi model dan media pembelajaran oleh guru, materi yang disampaikan hanya bersifat teoritis, kurang menampilkan keadaan nyata, siswa bosan dengan tampilan materi yang disajikan, dan siswa cenderung pasif saat pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran pada siswa kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 7 Malang dibutuhkan media belajar yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami oleh siswa serta dapat menumbuhkan kreativitas siswa. Model pengembangan media interaktif ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini memiliki lima tahapan yaitu: (1) Analisis (Analyze); (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Implementasi (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Hasil akhir dari pengembangan ini berupa media interaktif Dasar Desain Grafis yang telah disesuaikan dengan silabus yang didapat dari SMK Negeri 7 Malang. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan persentase dari ahli materi sebesar 88,75% termasuk dalam kategori sangat valid, ahli media 95% termasuk dalam kategori sangat valid, hasil uji coba kelompok kecil dengan pencapaian persentase 83,18% termasuk dalam kategori cukup valid dan memerlukan revisi kecil, serta hasil uji coba kelompok besar dengan pencapaian persentase 87,69% termasuk dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan media interaktif Dasar Desain Grafis bermuatan CTL layak digunakan sebagai media belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian selama siswa menggunakan media interaktif, didapatkan hasil sebanyak 19 siswa (63%) memiliki kreativitas tinggi, 10 siswa (33%) memiliki kreativitas sedang, dan 1 siswa (3%) memiliki kreativitas rendah. Hal tersebut menandakan bahwa penggunaan media interaktif telah mampu menumbuhkan kreativitas belajar siswa. Seluruh siswa mampu mengerjakan tugas dengan lancar dan tidak putus asa. Siswa juga mampu menunjukkan rasa apresisasi estetik ketika mengerjakan. Selain itu rasa ingin tahu siswa juga cukup tinggi, ditandai dengan mengajukan pertanyaan yang tidak dimengerti terkait tugas yang dikerjakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84975

Actions (login required)

View Item View Item