Pengembangan media pembelajaran komputer dan jaringan dasar berbasis android pada kelas XI Program Keahlian TKJ SMK / Anwar Musaddad

Musaddad, Anwar (2019) Pengembangan media pembelajaran komputer dan jaringan dasar berbasis android pada kelas XI Program Keahlian TKJ SMK / Anwar Musaddad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musaddad, Anwar. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android pada Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK. Skripsi, Jurusan Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom. Kata Kunci : Pengembangan, Android, Komputer dan Jaringan Dasar Dunia pendidikan tidak terlepas dari proses yang meliputi guru, siswa, dan lingkungan pembelajaran yang saling mempengaruhi satu sama lain untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran yang bervarisai dan tepat dalam proses pembelajaran dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Dalam penerapan kurikulum 2013 belum disertai dengan tersedianya media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran di SMK. Penggunaan teknologi berbasis mobile saat ini sudah sangat diminati dan sangat berkembang, salah satu perangkat mobile yang saat ini sudah umum digunakan adalah smartphone. Sistem operasi android merupakan sistem operasi paling banyak digunakan untuk smartphone. Sistem opersi android bersifat open source, dimana setiap pihak dapat mengembangkannya menurut versinya. Aplikasi yang dikembangkan dan dimasukkan kedalam perangkat android oleh setiap pengembang maupun aplikasi umum yang ada pada Play Store menyediakan berbagai jenis kategori termasuk salah satunya pendidikan. Namun, belum adanya media pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dalam kurikulum 2013 dan mengingat betapa siswa menginginkan kemudahan untuk mendapat informasi, maka dibuatlah suatu aplikasi yang mampu menjadi media pembelajaran untuk Komputer dan Jaringan Dasar. Media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan. Dalam mengembangkan suatu media pembelajaran berupa buku saku digital yang interaktif dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang teliti. Berdasarkan tujuan penelitian, maka metode penelian dibuat menggunakan prosedur pengembangan Sadiman (2011) yaitu menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan instruksional pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, penyusunan instrumen penelitian, menulis naskah media, validasi ahli, uji coba dan revisi, dan produk akhir. Prosedur ini merupakan lahkah prosedural yang digunakan dalam membuat media pembelajaran ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pada uji coba lapangan yang dilakukan terhadap media pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar untuk Siswa Kelas X Paket keahlian Komputer Jaringan dinyatakan valid dan layak. Dengan Demikian Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X SMK Paket Keahlian Komputer Jaringan hasil dari pengembangan ini layak digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84974

Actions (login required)

View Item View Item