Pengembangan modul ajar mata pelajaran dasar desain grafis bermuatan pembelajaran challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo / Marita Dwi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar mata pelajaran dasar desain grafis bermuatan pembelajaran challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo / Marita Dwi Utami

Utami, Marita Dwi (2019) Pengembangan modul ajar mata pelajaran dasar desain grafis bermuatan pembelajaran challenge based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo / Marita Dwi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Marita Dwi. 2019.Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Bermuatan Pembelajaran Challenge Based Learning untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Skripsi Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata Kunci Modul Ajar Digital Dasar Desain Grafis Challenge Based Learning Berpikir Kritis. Dasar Desain Grafis merupakan salah satu mata pelajaran yang telah diterapkan mengikuti standar Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan akan ditempuh oleh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Malang yang telah menerapkan Struktur Kurikulum 2013 Revisi 2017. Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum 2013 SMK menyebutkan bahwa guru bukan merupakan satu-satunya sumber belajar namun sumber belajar dapat diperoleh dari mana saja. Sumber belajar untuk mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo tergolong masih terbatas karena merupakan mata pelajaran yang baru diterapkan pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada Kurikulum 2013 Revisi 2017. Jika siswa hanya mengandalkan guru dan sumber belajar yang masih terbatas maka pembelajaran akan sulit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu adanya inovasi sumber belajar yang dapat membantu guru dalam menunjang proses pembelajaran. Modul ajar digital bisa menjadi solusi yang tepat karena dapat dibuat lebih interaktif menarik dan mudah digunakan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Merancang dan mengembangkan modul ajar mata pelajaran Dasar Desain Grafis dengan mengintegrasikan pembelajaran Challenge Based Learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas X TKJ dan (2) Mengetahui tingkat kelayakan modul ajar yang telah dikembangkan serta mengetahui tingkat pertumbuhan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Kelayakan penelitian dan pengembangan dari modul ajar diperoleh dari hasil validasi dan uji coba dengan menggunakan penyebaran angket. Hasil pengembangan modul ajar dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh ahli media sebesar 91% hasil persentase validasi oleh ahli materi sebesar 88% hasil persentase uji coba pengguna sebesar 90% dan untuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ tergolong sedang dengan persentase sebesar 56%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84973

Actions (login required)

View Item View Item