Sistem ulangan harian dengan penentuan tingkat kesulitan soal menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier / Lugas Anegah Bahalwan

Bahalwan, Lugas Anegah (2019) Sistem ulangan harian dengan penentuan tingkat kesulitan soal menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier / Lugas Anegah Bahalwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahalwan, Lugas Anegah. 2019.Sistem Ulangan Harian dengan Penentuan Tingkat Kesulitan Soal Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.M.T., Ph.D.,(2) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci: Ulangan Harian, NaïveBayes Classifier, Sistem Ulangan Harian, Technology Acceptance Model. Proses evaluasi pendidikan memiliki beberapa kendala yang menyebabkan guru kerepotan dalam mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses belajar. Hambatan-hambatan yang ditemui guru dalam proses evaluasi pendidikan adalah beban kerja guru yang cukup banyak selain dari tugas mengajar dan mendidik, juga terdapat tugas kedinasan yang diberikan pada guru tertentu dengan tugas yang berbeda-beda. Hambatan ini bisa menyebabkan tidak validnya evaluasi pendidikan dan mengganggu proses pembelajaran berikutnya. Sistem Ulangan Harian dibangun untuk membantu menyelesaikan hambatan-hambatan guru dalam proses evaluasi pendidikan dan menganalisis tingkat kesulitan instrumen tes ulangan. Pengembangan Sistem Ulangan Harian menggunakan model pengembangan waterfall. Untuk menganalisis tingkat kesulitan instrument tes ulangan dibutuhkan mekanisme klasifikasi. Berdasarkan waktu penelitian yang terbatas, dan dataset yang tidak banyak. Algoritma Naïve Bayes Classifier dipilih karena terkenal dengan hasil asumsinya yang kuat hanya dengan sedikit data latih. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengujian algoritma dalam sistem menggunakan perhitungan Konfusi Matrik. Dataset yang digunakan dalam pengujian sebanyak 300 data, dengan 50 data uji, dan 250 data latih. Hasil pengujian akurasi sebesar 89.99%, pressicion sebesar 89.3%, dan recall sebesar 89.3%. Penerimaan sistem oleh pengguna dievaluasi menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Sebanyak 66 pengguna yang terdiri dari Kepala Program, Guru dan Siswa telah memberikan respon terhadap sistem melalui angket. Hasil perhitungan regresi pengaruh variabel Perceived Ease of Use (PEOU) terhadap Perceived Usefulness (PU) sebesar 90.6%, pengaruh Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) terhadap Attitude toward Using (ATU) sebesar 74.3%, pengaruh Perceived Usefulness (PU) dan Attitude toward Using (ATU) terhadap Behavioural Intention to Use (ITU) sebesar 79.7%, dan pengaruh Behavioural Intention to Use (ITU) terhadap Actual System Use (ASU) sebesar 79.3%. Artinya, sistem diterima oleh pengguna di SMKN 2Singosari sesuai dengan indikator Technology Acceptance Modeldan akurasi algoritma dalam klasifikasi tingkat kesulitan soal terbukti tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84972

Actions (login required)

View Item View Item