Perbedaan kemandirian dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh model pembelajaran problem solving learning dibandingkan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Jombang / Rezki Dwi Apriliyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemandirian dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh model pembelajaran problem solving learning dibandingkan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Jombang / Rezki Dwi Apriliyanto

Apriliyanto, Rezki Dwi (2019) Perbedaan kemandirian dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar karena pengaruh model pembelajaran problem solving learning dibandingkan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Jombang / Rezki Dwi Apriliyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliyanto Rezki Dwi. 2019. Perbedaan Kemandirian dan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Karena Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Learning Dibandingkan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Jombang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Drs. Hari Putranto M.Pd. Kata Kunci Kemandirian Belajar Hasil belajar Problem Solving Learning Problem Based Learning Komputer dan Jaringan Dasar. Pembelajaran di sekolah awalnya hanya berpusat kepada guru saja hal ini yang menyebabkan siswa ketergantungan kepada guru dan tidak memiliki inisiatif untuk mencari informasi sendiri dan juga menyebabkan siswa kurang mandiri sehingga diperlukannya alternatif lain untuk meningkatkan hal tersebut. penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar hasil belajar ranah pengetahuan dan ranah keterampilan pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan menggunakan model Problem Solving Learning dibandingkan dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu variabel bebas yang berupa model Problem Solving Learning dan model Problem Based Learning serta variabel terikat yang berupa kemandirian belajar dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MM 2 sebagai kelas eksperimen 2 di SMK PGRI 1 Jombang. Rata-rata nilai kemandirian belajar siswa setelah diberikan perlakuan yaitu kelas X MM 1 memperoleh nilai rata-rata sebesar 81 dan kelas X MM 2 memperoleh nilai rata-rata sebesar 87. Untuk nilai rata-rata pada ranah pengetahuan setelah diberikannya perlakuan yaitu kelas X MM 1 memperoleh nilai 84 5 dan kelas X MM 2 memperoleh nilai 87 5. Serta nilai rata-rata pada ranah keterampilan yaitu kelas X MM 1 memperoleh nilai 81 3 dan kelas X MM 2 memperoleh nilai 87 7. Hasil Uji-t yang dilakukan menunjukkan bahwa kemandirian belajar dengan lembar observasi memperoleh nilai 0.005 hasil belajar pada ranah pengetahuan memperoleh nilai 0.015 dan pada hasil belajar pada ranah keterampilan memperoleh nilai 0.002. dengan hasil yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan dari nilai rata-rata yang diperoleh dari kemandirian belajar dan hasil belajar kelas eksperimen 2 yaitu kelas X MM 2 lebih unggul dari pada kelas eksperimen 1 yaitu kelas X MM 1. Serta berdasarkan nilai Uji-t yang diperoleh terdapat perbedaan dari kemandirian dan hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84970

Actions (login required)

View Item View Item