Pengembangan media mathematic drawer untuk meningkatkan kemampuan matematika permulaan anak usia 5-6 tahun / Zakiyyah Ula Meriza Atmaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media mathematic drawer untuk meningkatkan kemampuan matematika permulaan anak usia 5-6 tahun / Zakiyyah Ula Meriza Atmaja

Atmaja, Zakiyyah Ula Meriza (2017) Pengembangan media mathematic drawer untuk meningkatkan kemampuan matematika permulaan anak usia 5-6 tahun / Zakiyyah Ula Meriza Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atmaja Zakiyyah Ula Meriza. 2016. Pengembangan Media Mathematic Drawer Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M. Pd. (II) Sandy Tegariyani P S S. Pd M. Pd. Kata Kunci Kemampuan matematika permulaan kemampuan kognitif media pembelajaran Mathematic Drawer. Aktivitas perkembangan kognitif pada anak dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikirnya agar dapat mengolah pengetahuan atau memecahkan masalah. Pembelajaran yang menekankan aspek kognitif khususnya berhitung permulaan yang melibatkan anak-anak secara langsung dalam menggunakan media pembelajaran masih jarang dilakukan. Kreatifitas dan wawasan guru dalam membuat rancangan pembelajaran dan minimnya alat media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukannya media yang menarik mudah dan sesuai bagi anak guna menunjang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Mathematic Drawer yang valid untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih menarik mudah dan sesuai bagi anak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan Borg and Gall dengan 7 langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan. Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan terdiri dari 6 orang ahli ahli pembelajaran anak usia dini ahli media pembelajaran anak usia dini dan ahli pengembangan kognitif uji coba kelompok kecil 10 anak dan uji coba kelompok besar 60 anak. Hasil analisis dari ahli pembelajaran diperoleh persentase 80% analisis dari ahli media pembelajaran diperoleh persentase 90% dan analisis ahli pengembangan kognitif diperoleh persentase 87 5% uji coba kelompok kecil pada subjek 10 anak diperoleh presentase rata-rata 93 1% sehingga dikategorikan layak dan dapat dilanjutkan ke uji lapangan sedangkan pada uji lapangan diperoleh presentase rata-rata 94 3% sehingga dapat disimpulkan produk media pembelajaran mathematic drawer dapat dikembangkan dengan presentase yang mengalami pengingkatan namun terdapat revisi untuk menyempurnakan produk agar lebih sempurna sebelum digunakan. Kesimpulan dari data yang diperoleh dari media pembelajaran mathematic drawerdi atas maka perlu adanya saran yang perlu digunakan dalam penggunaan dan peanfaatannya dalam sebuah pembelajaran antara lain usia dan tingkat ketrampilan anak agar produk yang dikembangkan tepat sasaran. Selain itu sebelum disebarluaskan perlu adanya evaluasi kembali agar sesuai dengan sasaran yang dituju untuk penerapan media mathematic drawer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item