Perbandingan hasil belajar mata pelajaran animasi 3D karena penerapan model pembelajaran project based learning dengan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Malang / Nuralifya Utrimas Mitafiska - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar mata pelajaran animasi 3D karena penerapan model pembelajaran project based learning dengan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Malang / Nuralifya Utrimas Mitafiska

Mitafiska, Nuralifya Utrimas (2019) Perbandingan hasil belajar mata pelajaran animasi 3D karena penerapan model pembelajaran project based learning dengan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Malang / Nuralifya Utrimas Mitafiska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mitafiska Nuralifya Utrimas. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Animasi 3D Karena Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Treffinger Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci hasil belajar project based learning treffinger Penggunan model pembelajaran sangat penting untuk proses pembelajaran di kelas adanya model pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dari masalah tersebut maka dilakukan penelitian Perbandingan Hasil Belajar (Y1) Karena Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (X1) dengan Model Pembelajaran Treffinger (X2) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Mendeskipsikan Y1 menggunakan X1 (2) Mendeskipsikan Y1 menggunakan X2 dan (3) mengetahui perbedaan Y1 antara siswa yang menggunakan X1 dan X2. Jenis penelitian ini yakni eksperimen semu (quasi experiment) dan termasuk penelitian kuantitatif dengan pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 11 Malang angkatan 2017-2018. Sampel dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas XI MM 1 mendapat perlakuan model pembelajaran Treffinger dan kelas XI MM 3 mendapat perlakuan model pembelajaran Project Based Learning. Analisis data dengan melakukan uji hipotesis perbedaan model dengan uji-t menggunakan teknik Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) nilai Y1 siswa kelas eksperimen XI MM 1 menunjukkan 7% termasuk kategori sedang 33% termasuk kategori tinggi dan 60% termasuk kategori sangat tinggi (2) nilai Y1 siswa kelas kontrol XI MM 3 menunjukkan 10% termasuk kategori rendah 27% termasuk kategori sedang 33% termasuk kategori tinggi dan 30% termasuk kategori sangat tinggi . (3) signifikansi kognitif Y1 sebesar 0 000 0 05 dan (4) signifikansi psikomotorik Y1 sebesar 0 002 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) rata-rata Y1 siswa dengan perlakuan X1 sebesar 77 07 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 94 (2) rata-rata Y1 dengan perlakuan X2 sebesar 86 50 dengan nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 100. (3) terdapat perbedaan kognitif Y1 yang signifikan antara siswa yang menggunakan perlakuan X1 dan perlakuan X2 dan (4) terdapat perbedaan psikomotorik Y1 yang signifikan antara siswa yang menggunakan perlakuan X1 dan perlakuan X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84966

Actions (login required)

View Item View Item