Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak berbasis peta konsep untuk siswa kelas XI Jurusan RPL di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Gigih Dwi Yuniardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak berbasis peta konsep untuk siswa kelas XI Jurusan RPL di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Gigih Dwi Yuniardi

Yuniardi, Gigih Dwi (2019) Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak berbasis peta konsep untuk siswa kelas XI Jurusan RPL di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Gigih Dwi Yuniardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ubadati Najatul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si. (2) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci berpikir kreatif komunikasi POPBL Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan pembangunan berkelanjutan suatu negara. Pendidikan sekarang ini memasuki abad 21 sehingga pelaksanaan pendidikan terutama proses belajar dan mengajar di dalam kelas tidak lagi menggunakan model ataupun metode yang sifatnya konvensional. Salah satu tujuan penting dalam pembelajaran biologi di abad 21 ini adalah pemberdayaan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi. Pemberdayaan kedua keterampilan ini penting dalam penyelesaian masalah yang semakin komplek. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa di Indonesia masih rendah. Selain itu diperoleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa kelas X SMAN 8 Malang masih rendah. Rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa ini dapat disebabkan oleh model pembelajaran di kelas yang belum bisa memberdayakan kedua keterampilan ini. Selain itu pendekatan pembelajaran belum terlaksana secara student centered atau berpusat kepada siswa.Berbagai penelitian menunjukan bahwa POPBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa karena POPBL tidak hanya memberdayakan pelaksanaan proyek akan tetapi juga analisis mendalam terhadap suatu permasalahan yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Oriented Project Based Learning (POPBL)terhadap keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest posttest non-equivalent control group design. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran POPBL dan kelompok kontrol yang dibelajarkan oleh guru sekolah. Data yang dikumpulkan untuk mengukur kedua kemampuan tersebut adalah nilai pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik menggunakan ANACOVA untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi pada kedua kelompok. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh rerata keterampilan berpikir kreatif sebesar 75 205 pada kelompok perlakuan dan nilai signifikansi sebesar 0 000. p-value 945 ( 945 0 05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pencapaian diantara kedua kelas diterima. Sedangkan rerata keterampilan komunikasi sebesar 48 138 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000. p-value 945 ( 945 0 05). Hal ini juga menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pencapaian keterampilan komunikasi pada kedua kelas diterima. Hasil analisis observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa keterlaksanaan sintaks adalah tinggi. Hal ini didukung oleh hasil analisis uji konsistensi melalui regresi linier berganda menggunakan data pretes dan pascates yang menunjukkan bahwa tahapan model pembelajaran pada kelas eksperimen telah terlaksana dengan konsisten. Nilai signifikasi yang dihasilkan yaitu sebesar 0 540. Berdasarkan kedua analisis tersebut maka secara umum pembelajaran pada kelas eksperimen telah terlaksana dengan konsisten sesuai tahapan model pembelajaran.Berdasarkan hasil uji anakova menunjukkan bahwa kelas yang dibelajarkan dengan POPBLdan yang tidak memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil yang berbeda nyata tersebut menjelaskan adanya pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil analisis ditunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran POPBL terhadap keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan POPBL.Perbedaan peningkatan yang signifikan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran POPBL dikarenakan berpikir kreatif siswa dapat dikembangkan pada setiap tahapan penerapan POPBL .Berdasarkan hasil uji anakova menunjukkan bahwa model pembelajaran POPBLdan pembelajaran yang tidak menggunakan POPBL memberikan hasil yang berbeda nyata terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil yang berbeda nyata tersebut menjelaskan adanya pengaruh strategi pembelajaran terhadap keterampilan komunikasi siswa. Berdasarkan hasil analisis ditunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran POPBL terhadap keterampilan komunikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa POPBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata kedua keterampilan tersebut setelah dibelajarkan menggunakan POPBL. Keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi merupakan dua keterampilan penting yang harus dikembangkan dan diberdayakan melalui penerapan pembelajaran POPBL. Penerapan pembelajaran POPBL harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang sesuai dan mendukung dalam penerapan model tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84964

Actions (login required)

View Item View Item