Evaluasi program praktik kerja industri menggunakan model CIPP pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang / Nabilah Almas Aulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program praktik kerja industri menggunakan model CIPP pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang / Nabilah Almas Aulia

Aulia, Nabilah Almas (2019) Evaluasi program praktik kerja industri menggunakan model CIPP pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang / Nabilah Almas Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aulia Nabilah Almas. 2019. Evaluasi Program Praktik Kerja Industri Menggunakan Model CIPP pada Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Cendika Bangsa Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci CIPP (Context Input Process Product) Ketercapaian Prakerin SMK Cendika Bangsa Malang. Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 pasal 18 pendidikan menengah merupakan lanjutan dari pendidikan dasar sebagaimana pendidikan menengah terbagi menjadi pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan. Bentuk pelaksanaan pendidikan yang berorientasi pada dunia kerja adalah pendidikan kejuruan yang merupakan pendidikan menengah untuk mempersiapkan peserta didik bekerja sesuai bidang keahlian masing-masing (UU RI No. 20 Tahun 2003 pasal 15). Prakerin merupakan praktik kerja yang dilaksanakan di dunia usaha maupun dunia industri (DU/DI) sebagai bagian dari kurikulum pendidikan kejuruan untuk menguasai keterampilan di bidang industri (Permenperin No. 03 Tahun 2017 pasal 1). Terdapat beberapa permasalahan dalam program prakerin sesuai dengan hasil observasi dan wawancara terutama di Kabupaten Malang program prakerin belum direalisasikan seutuhnya. Berbagai permasalahan seperti tidak tercapainya tujuan program tidak tercapainya manfaat program dan tidak tercapainya sasaran program maka dilakukan evaluasi oleh peneliti. Model penelitian yang digunakan adalah model CIPP. Tahapan penelitian (1) Context (2) Input (3) Process (4) Product. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi wawancara dan studi dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tahap konteks sudah sesuai standar pada seluruh aspek instrumen (2) tahap masukan tidak sesuai standar pada aspek pola penyelenggaraan prakerin dan penempatan siswa (3) tahap proses tidak sesuai standar pada aspek penyusunan jurnal siswa dan kegiatan siswa sehari-hari dan (4) tahap produk tidak sesuai standar pada aspek manfaat bagi DU/DI dan manfaat bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84963

Actions (login required)

View Item View Item