Evaluasi penerapan pembelajaran sistem blok teori dan praktikum pada Jurusan TKJ di SMK Islam 1 Blitar / Puguh Sasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi penerapan pembelajaran sistem blok teori dan praktikum pada Jurusan TKJ di SMK Islam 1 Blitar / Puguh Sasmito

Sasmito, Puguh (2019) Evaluasi penerapan pembelajaran sistem blok teori dan praktikum pada Jurusan TKJ di SMK Islam 1 Blitar / Puguh Sasmito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmito Puguh. 2019. Evaluasi PenerapanPembelajaran Sistem BlokTeoridanPraktikumpadaJurusan TKJ di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi JurusanTeknikElektro FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HakkunElmunsyah S.T. M.T. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Evaluasi Model stake Pembelajaran sistem blok. Latarbelakangpenelitianiniadalahberdasarkanobservasiyang dilakukan di SMK Islam 1 Blitarmenunjukkanadanyaketidaksiapanbaikdarisumberdayamanusia saranaprasarana belumoptimalnyapelaksanaan proses pembelajaransertapenerapanjumlah jam belajarsetiapminggunya yang belumsesuaidenganaturandarikementerianpendidikan. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektifitaspelaksanaanpembelajaransistemblokteroridanpraktikumdilihatdarisudutperencanaan pelaksanaan danevaluasipembelajarandandapatmemberikan saran untukkedepannya.Evaluasipembelajaransistembloktersebutdilihatdarikomponenmasukan prosesdanhasildalampelaksanaansistemblok. Hasilevaluasiinidigunakanuntuk saran danmasukandalampelaksanaanpembelajaransistemteoridanpraktikumselanjutnya. Penelitianinidilaksanakan di SMK Islam 1 Blitarjurusankeahlianteknikkomputerdanjaringan. Metode yang digunakanpadapenelitianiniadalahmetodeCountenance Stake yang meliputimasukan (antecedents) proses (transactions)danhasil(outcomes).DalammetodeevaluasiCountenance Staketerdapatmatriksdeskripsidanmatriksjudgment.Respondenpenelitianiniadalah 112siswa 5 guru pembimbing wakil kepalasekolahbidangkurikulum danketuajurusan TKJ. Ujicobaalatpenelitianinidilaksanakandenganduatahapyaituujivalidasidanujireliabilitas.Pengumpulan data menggunakanangket wawancara dandokumentasi. Teknik yang digunakanpadapenelitianiniadalahdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaransistembloksecarakeseluruhan meliputi (1) persiapanpelaksanaanpembelajaransistemblok (52 69%) siswamenyatakansangatbaik (3) pelaksanaanpembelajaransistemblok (77 67%) menyatakanbaik (4) hasilpembelajaransistemblok (76 78%)siswamenyatakanbaik.Saran yang dapatdiberikanpadapenelitianiniadalahsebagaiberikut (1) guru sebaiknyamemperhatikankesesuaianmateriteoridanpraktikumsaatmenyusunrencanapembelajaran (2) pihaksekolahsebaiknyamemasangkarpetpadasetiaplaboratoriumuntukmeningkatkanupayakesehatandankeselamatankerja (3) guru sebaiknyamelakukanreviewsingkatmateripadabloksebelumnyapadasaatawalpergantianblok agar siswatidakmaterisebelumnya (4) pihaksekolahdan guru sebaiknyalebihmengaturjumlahkompetensidengan jam pelajaran agar waktupembelajaranefektif (5) guru sebaiknyamemberiapresiasikepadasiswa yang beranibertanya (6) guru sebaiknyamenerapkan model pembelajaran yang membuatsiswalebihaktifmenyatakanpendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84961

Actions (login required)

View Item View Item