Peningkatan pemahaman konsep warna, bentuk dan ukuran pada kelompok TK A melalui kegiatan cooking class di TK El-Jasmeen Singosari Kabupaten Malang / Faizatul Khumairoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep warna, bentuk dan ukuran pada kelompok TK A melalui kegiatan cooking class di TK El-Jasmeen Singosari Kabupaten Malang / Faizatul Khumairoh

Khumairoh, Faizatul (2017) Peningkatan pemahaman konsep warna, bentuk dan ukuran pada kelompok TK A melalui kegiatan cooking class di TK El-Jasmeen Singosari Kabupaten Malang / Faizatul Khumairoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khumairoh Faizatul. 2017. Peningkatan Pemahaman Warna Bentuk dan Ukuran Anak TK A Melalui Kegiatan Cooking Class di TK El-Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M.S M.A (II) Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata Kunci Memahami warna bentuk dan ukuran Cooking class. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada anak kelompok A TK El-Jasmeen ditemukan permasalahan kognitif. Anak belum memahami tentang warna bentuk dan ukuran. Beberapa yang masih pasif dalam melaksanakan unjuk kerja. Selain itu anak kurang bisa terlibat langsung dalam kegiatan yang melalui proses. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan Cooking Class dalam meningkatkan anak kelompok TK A untuk memahami warna bentuk dan ukuran di TK El-Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang 2) Bagaimana kegiatan cooking class dapat meningkatkan anak kelompok TK A untuk memahami warna bentuk dan ukuran di TK El-Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang . Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan Kelas dengan menerapkan analisis deskriptis kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilakukan pada 13 anak kelompok A TK El-Jasmeen Banjararum Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi lembar wawancara lembar catatan lapangan RPPH dan foto kegiatan. Pembelajaran cooking class dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran tentang pemahaman konsep warna bentuk dan ukuran selain menggunakan LK. Materi yang disampaikan lebih banyak dan juga anak pendapatkan pengalaman langsung dengan kegiatan proses. Selain itu menjadikan anak aktif dan antusias dalam melakukan kegiatan didalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan cooking class pemahaman konsep warna bentuk dan ukuran anak kelompok A mengalami peningkatan. Pada siklus I 31% dari 13 anak yang mengalami peningkatan. Pada siklus dua 77% dari 13 anak mengalami peningkatan. Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah 1) bagi guru mengembangkan kegiatan yang menyenangkan dan yang berbasis hands on experience 2) Bagi lembaga disarankan dapat memasukkan kegiatan seperti cooking class kedalam kegiatan rutin mingguan atau sebagai sarana hiburan anak 3) bagi peneliti lain bisa mengembangkan cooking class menjadi kegiatan yang menstimulus aspek perkembangan lainnya. ABSTRACK Khumairoh Faizatul. 2017. The Increasing Concept Understanding of Colors Shapes and Sizes Kindergarten Children Group A Through Cooking Class in El-Jasmeen Kindergarten Banjararum Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suharjo M.S M.A (II) Suryadi S.Sn. M.Pd. Key words Understanding of color shapes and sizes Cooking class. Based on the result of observations and interviews conducted on children kindergarten group A found the cognitive problem. Children group A still can t understanding about colors shapes and sizes. Some children still passive in performance. Furthermore children not getting hands on in activities that through the process. Formulation of this research problem is 1) how the process of learning through cooking class to increase kindergaten children group A for understanding of colors shapes and sizes in El-Jasmeen Kindergarten Banjararum Kabupaten Malang 2) how cooking class activity can increase kindergaten children group A colors shapes and sizes in El-Jasmeen Kindergarten Banjararum Kabupaten Malang . The design research used classroom action research by applying qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis. The research through 2 cycles by twice meeting in each other cycle. Subject of this research were 13 children at group A in El-Jasmeen Kindergarten Banjararum Kabupaten Malang. Metods of data collection using observation techniques interviews field notes and documentation. Instrumen of data collection using observation sheet interview sheet field notes sheet RPPH and picture of activities. Cooking class learning can used as an alternative of learning about colors shapes and sizes besides usingworksheet. The material being studied is more varied and than children get hands on experience through process of activity. In addition to making children active and enthusiastic in doing activities in the classroom. Result of research shows that through cooking class activity the concept understanding of colors shapes and sizes increase. At the first cycle 31% from 13 children increase and at the second cycle 77% from 13 children increase. Recommendation that can be given in this research is 1) for teacher can developt many fun activities and activity based of hands on experience 2) for institutions can include cooking class as weekly routine activity 3) for another researchers can developt cooking class activity being activities to stimulate other aspects of children development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item