Pengembangan media pembelajaran berbasis digital menggunakan adobe flash untuk mata pelajaran komputer bagi kelas X TKJ SMK Miftahul Islam Kunir-Lumajang / Robby Fitrah Masquri

Masquri, Robby Fitrah (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis digital menggunakan adobe flash untuk mata pelajaran komputer bagi kelas X TKJ SMK Miftahul Islam Kunir-Lumajang / Robby Fitrah Masquri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masquri, Robby Fitrah, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Menggunakan Adobe Flash Untuk Mata Pelajaran Sistem Komputer Bagi Kelas X TKJ SMK Miftahul Islam Kunir-Lumajang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, digital, sistem komputer Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting yang digunakan guru sebagai instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran guna mencapai suatu tujuan pembelajaran. SMK Miftahul Islam Kunir-Lumajang merupakan sekolah kejuruhan yang memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada para siswa dan salah satu guru di kelas X program keahlian TKJ pada mata pelajaran sistem komputer, bahan ajar yang digunakan berupa buku catatan, buku cetak, buku sekolah elektronik (BSE), dan file presentasi yang berisikan materi berupa teks dan gambar saja. Para siswa mengaku mengalami sedikit kesulitan dalam proses pembelajaran di dalam kelas ketika mempelajari dan memahami materi yang disajikan melalaui bahan ajar tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas muncul gagasan untuk membuat bahan ajar berbasis digital yang dikembangkan menggunakan adobe flash karena dinilai ringan dan mudah untuk dipakai end user. Media ini mengembangkan bahan ajar yang sudah ada dengan menambahkan konten yang masih belum ada berupa simulasi materi dalam bentuk video dan soal evaluasi dalam bentuk digital. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh penulis merupakan seperangkat pengalaman belajar terencana dan didesain yang bertujuan untuk membantu peserta didik menguasai mata pelajaran agar tercapai suatu tujuan pembelajaran berdesarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran sistem komputer. Penelitian pengembangan ini menggunakan model metode pengembangan dari Sugiyono dengan langkah-langkah yang dilakukan antara lain: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi produk, (6) Uji Coba Kelompok Kecil, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba Lapangan, (9) Revisi , (10) Produksi Massal. pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan ujicoba dilakukan oleh Siswa TKJ kelas X SMK Miftahul Islam Kunir-Lumajang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner rating scale dan dihitung menggunakan rumus menurut Akbar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka didapat persentase validitas 91,1% dari ahli media, 91,2% dari ahli materi, 81,9% dari hasil uji coba kelompok kecil, dan 87,5% dari uji coba kelompok besar. Didapatkan hasil rata-rata sebesar 87,9% yang berarti layak dari batas minimal persentase kelayakan sebesar 85%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem komputer valid dan layak digunakan sebagai media bantu dalam pembelajaran di kelas maupun digunakan secara individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84959

Actions (login required)

View Item View Item