Pengembangan bahan ajar dasar desain grafis bermuatan model example non example untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer SMK Negeri 2 Probolinggo / Galuh Lumaksono

Lumaksono, Galuh (2019) Pengembangan bahan ajar dasar desain grafis bermuatan model example non example untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer SMK Negeri 2 Probolinggo / Galuh Lumaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lumaksono, Galuh. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Dasar Desain Grafis Bermuatan Model Examples Non Examples untuk Menumbuhkan Kemamapuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Muladi, S.T., M.T. (II) Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T. Kata Kunci : Bahan ajar digital, Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat membantu siswa SMK program keahlian teknik komputer dalam mata pelajaran dasar desain grafis. program yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir krtitis siswa. Bentuk bahan ajar yang dikembangkan adalah aplikasi berbasis web yang mampu diakses dari berbagai browser. Pengembangan web dirasa mampu untuk meningkatkan minat siswa akan pelajaran karena dapat menampilkan banyak jenis media dan pengkaksesan yang fleksibel. Bahan ajar web yang dikembangkan akan dirancang berdasarkan proses pembelajaran model Examples Non Examples. Menurut Santoso (2011) Model pembelajaran Examples non-Examples adalah model yang menggunakan media gambar dalam menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Hasil pengembangan bahan ajar dinyatakan valid dan layak digunakan dengan perolehan persentase 100% dari ahli media dan ahli materi serta persentase 94,98% dari pengguna. Hasil observasi menyatakan bahwa bahan ajar mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X program kehlian Teknik komputer SMK Negeri 2 Probolinggo dengan perolehan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84957

Actions (login required)

View Item View Item