Evaluasi penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X bidang keahlian RPL di SMKN 2 Kraksaan / Choirul Hidayat

Hidayat, Choirul (2019) Evaluasi penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X bidang keahlian RPL di SMKN 2 Kraksaan / Choirul Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Choirul 2019. Evaluasi Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas X Bidang Keahlian RPL di SMKN 2 Kraksaan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., Pembimbing (II) Dr. Eng. Muhammad Ashar, S.T., M.T. Kata kunci: Evaluasi, Kurikulum 2013, Pemrograman Dasar Berdasarkan informasi yang didapat melalui observasi di SMKN 2 Kraksaan yang menerapkan Kurikulum 2013 revisi ialah, ketika melaksanakan pembelajaran masih ada beberapa siswa yang membicarakan sesuatu diluar materi karena siswa tersebut belum mengerti mengenai materi yang dijelaskan oleh guru. Hal tersebut terbukti karena menurut bapak solehudin selaku guru mata pelajaran pemrograman dasar jurusan RPL, materi yang disampaikan masih membutuhkan penyesuaian dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran pemrograman dasar berdasarkan konteks, input, proses, dan produk terutama terkait dengan metode pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input,Proses, Product). CIPP memiliki empat sasaran evaluasi, yaitu evaluasi konteks, evaluasi Input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Evaluasi konteks memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan suatu program. Evaluasi Input bertujuan untuk menentukan sumber daya yang ada, rencana dan strategi untuk mencapai tujuan, dan bagaimana prosedur kerja untuk mencapainya. Evaluasi proses bertujuan untuk mengetahui sejauh mana rencana telah dilaksanakan dan komponen apa saja yang perlu diperbaiki. Evaluasi produk merupakan penilaian yang dilakukan guna memberikan keputusan akhir. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) pada evaluasi konteks, hasil analisis menunjukkan bahwa kebutuhan siswa berada dalam kategori sangat tinggi. (2) pada evaluasi input, hasil analisis menunjukkan bahwa kesiapan siswa berada pada kategori sangat tinggi, kesiapan guru berada pada kategori tinggi, kesiapan sarana dan prasarana berada pada kategori tinggi. (3) pada evaluasi proses, hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi siswa berada pada kategori tinggi, penguasaan guru berada pada kategori tinggi, kesesuaian sarana dan prasarana berada pada kategori tinggi. (4) pada evaluasi produk hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mempelajari hal baru berada pada kategori cukup tinggi. Kebutuhan siswa terpenuhi berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini terdiri dari empat aspek yaitu: (1) Kategori evaluasi konteks pada penerapan Kurikuklum 2013 pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas XRPL di SMKN 2 Kraksaan berada pada kategori sangat tinggi. (2) Kategori evaluasi input pada penerapan Kurikuklum 2013 pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas XRPL di SMKN 2 Kraksaan berada pada kategori tinggi. (3) Kategori evaluasi proses pada penerapan Kurikuklum 2013 pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas XRPL di SMKN 2 Kraksaan berada pada kategori tinggi. (4) Kategori evaluasi produk pada penerapan Kurikuklum 2013 pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas XRPL di SMKN 2 Kraksaan berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84956

Actions (login required)

View Item View Item