Pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan model problem based learning pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Program keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Miftahul Huda

Huda, Miftahul (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan model problem based learning pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Program keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Miftahul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda, Miftahul .2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: media pembelajaran, web, Sistem Komputer Berdasarkan observasi di SMK Negeri 5 Malang, terdapat permasalahan yaitu kurangnya media pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang disediakan oleh SMK Negeri 5 Malang pada mata pelajaran Sistem Komputer, sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang kurang menarik. Selain itu, hasil wawancara dengan guru pengajar mata pelajaran Sistem Komputer SMK Negeri 5 Malang diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku berbentuk word atau pdf. Sedangkan sarana dan prasarana sudah memadai seperti laboratorium komputer dan koneksi internet namun pemanfaatannya belum digunakan secara optimal. Oleh karena itu, dapat dikembangkan media pembelajaran berbasis web sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Komputer yang menarik dan menyenangkan untuk siswa. Metode pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluation. Produk yang dikembangkan akan melalui tahap pengujian yang dilakukan oleh validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang untuk melihat kelayakan media pembelajaran. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis web. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase untuk pengujian pada ahli media sebesar 86,67%, pengujian pada ahli materi sebesar 89,77%, pada uji coba kelompok kecil sebesar 87,16%, pada uji coba lapangan sebesar 88,94%. Dari hasil analisis data kemudian didapatkan hasil rata-rata validasi ahli sebesar 88,22% yang memiliki kriteria “sangat layak” sedangkan untuk rata-rata uji coba sebesar 88,05% yang memiliki kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil rata-rata ahli dan uji coba, menurut Arikunto secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini sudah valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Sistem Komputer kelas X MM di SMK Negeri 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84955

Actions (login required)

View Item View Item