Pengembangan modul cetak mata pelajaran teknik pengolahan audio dan video dengan model pembelajaran project based learning untuk siswa kelas XII Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Firman Nurdiyansyah

Nurdiyansyah, Firman (2019) Pengembangan modul cetak mata pelajaran teknik pengolahan audio dan video dengan model pembelajaran project based learning untuk siswa kelas XII Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang / Firman Nurdiyansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiyansyah, Firman. 2018. Pengembangan Modul Mata Pelajaran Teknik Pengeolahan Audio dan Video dengan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 5 Malang, Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (2) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Project Based Learning Teknik Pengolahan Audio dan Video Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 5 Malang masih ditemukan sulitnya untuk mengumpulkan bahan ajar untuk program keahlian MM. Salah satunya adalah mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video. Pada sekolah tersebut masih belum adanya bahan ajar berupa Modul sebagai pegangan Guru maupun siswa untuk belajar Teknik Pengolahan Audio dan Video untuk siswa kelas XII. Tidak tersedianya bahan ajar berupa modul guru mata pelajaran mencari bahan materi di internet dan menjelaskan sesuai pemahaman guru kepada siswa di depan kelas. Siswa hanya fokus terhadap penjelasan guru di kelas dan tidak dapat mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya. Dan juga tidak terstrukturnya pemberian tugas kepada siswa sehingga mengakibatkan kompetensi yang dicapai kurang optimal. Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan bahan ajar modul yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul cetak pembelajaran mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video. Model pembelajaran yang digunakan yaitu Project Based Learning yang menggunakan proyek sebagai inti dari proses pembelajaran dan dapat membuat siswa aktif. Pengembangan modul dilakukan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D. Model ini dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. (1974) dengan tahap pengembangan sebagai berikut: (1) Define atau pendefinisian, (2) Design atau perancangan, (3) Develop atau pengembangan, dan (4) Disseminate atau penyebarluasan. Tujuan yang ingin didapatkan adalah sebuah bahan ajar berupa modul cetak yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada matapelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa modul pembelajaran cetak dengan model pembelajaran Project Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh presentase untuk pengujian ahli materi sebesar 86,00%, pengujian hasil media sebesar 87,50%, pada uji kelompok kecil 88,75%, hasil pengujian kelompok besar 89,08%. Dari hasil analisis data kemudian didapatkan hasil rata-rata validasi ahli sebesar 86,75% yang memiliki kriteria “sangat valid” sedangkan untuk rata-rata uji coba sebesar 88,92% yang memiliki kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil rata-rata ahli dan uji coba, menurut kriteria kelayakan Akbar secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini sudah valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video kelas XII MM di SMK Negeri 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84954

Actions (login required)

View Item View Item