Pengembangan media visual ilustrasi digital bermuatan model project based learning untuk alat bantu peningkatan efikasi diri dan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital pada siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pasuruan / Irlina Yunita Mardlotillah

Mardlotillah, Irlina Yunita (2019) Pengembangan media visual ilustrasi digital bermuatan model project based learning untuk alat bantu peningkatan efikasi diri dan hasil belajar simulasi dan komunikasi digital pada siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pasuruan / Irlina Yunita Mardlotillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardlotillah, I. Y. 2019. Pengembangan Media Visual Ilustrasi Digital Bermuatan Model Project Based Learning untuk Alat Bantu Peningkatan Efikasi Diri dan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital pada Siswa Kelas X Multimedia di SMK NEGERI PASURUAN. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ir Syaad Patmanthara, M.pd, (II) Harits Ar Rosyid S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Visual Ilustrasi, model PjBL, Hasil Belajar, Efikasi Diri, Simulasi dan Komunikasi Digital Pada hasil wawancara dengan guru pengampu Simulasi dan Komunikasi Digital mengungkapkan bahwa dalam proses pembelajaran media yang digunakan masih menggunakan buku teks tanpa adanya ilustrasi sehingga siswa masih kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang hanya terbatas pada buku teks dan wacana guru yang menimbulkan menurunnya hasil belajar. Berdasarkan permasalah tersebut pengembang memutuskan untuk mengembangkan media visual ilustrasi digital yang dapat memvisualisasikan materi pembelajaran dan menumbuhkan efikasi diri sehingga hasil belajar pun ikut meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang, mengembangkan, menguj kelayakan dan mengukur efikasi diri serta hasil belajar media pembelajaran visual ilustrasi digital pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, angket efikasi diri, angket pre test dan post test. Uji coba media dilakukan secara one to one kepada 2 orang siswa, uji coba small group evaluation kepada 10 orang siswa, dan uji coba field evaluation kepada 30 siswa. Data hasil uji coba yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata aspek materi 99% dan aspek media sebesar 93% sehingga keduanya dinyatakan “Sangat Valid”. Respon siswa menunjukkan skor rata-rata sebesar 92% sehingga dinyatakan “Sangat Valid”. Pengukuran hasil belajar menggunakan soal test mengalami peningkatan rata-rata sebesar 47.165. Nilai gain skor sebesar 0,65 sehingga berdasarkan kriteria validitas menurut Hake (2012) tergolong “Sedang”. Hasil peningkatan efikasi diri didapat total skor sebesar 1680. Berdasarkan kriteria nilai perhitungan skala Likert menurut Ating Somantri (2002) tergolong “Sangat Positif”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital dan dapat meningkatkan efikasi diri serta hasil belajar siswa. Adapun saran hasil pengembangan media visual ilustrasi digital perlu disebar luaskan agar dapat dimanfaatkan diberbagai sekolah untuk mempermudah pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84953

Actions (login required)

View Item View Item