Penerapan discovery learning dipadu strategi concept sentence dibandingkan discovery learning dipadu strategi make a match pengaruhnya terhadap keaktifan dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Deka Nanda Pratama

Pratama, Deka Nanda (2019) Penerapan discovery learning dipadu strategi concept sentence dibandingkan discovery learning dipadu strategi make a match pengaruhnya terhadap keaktifan dan hasil belajar komputer dan jaringan dasar pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Deka Nanda Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama, Deka Nanda. 2019. Penerapan Discovery Learning dipadu Strategi Concept Sentence dibandingkan Discovery Learning dipadu Strategi Make a Match Pengaruhnya terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Concept Sentence, Make a Match, Keaktifan, Hasil Belajar. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pembelajaran yang berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa. Unsur dasar yang penting dalam mempengaruhi keberhasilan pembelajaran adalah keaktifan belajar siswa. Siswa yang mempunyai keaktifan belajar tinggi akan mampu menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi pada saat pembelajaran berlangsung dan mencapai hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada kelas yang belajar menggunakan model Discovery Learning dipadu Strategi Concept Sentence dibandingkan dengan Discovery Learning dipadu Strategi Make a Match pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kompetensi menerapkan pengalamatan IP. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah quasy eksperimental design (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas, kelas eksperimen 1 diterapkan model Discovery Learning dipadu Strategi Concept Sentence dan kelas eksperimen 2 diterapkan model Discovery Learning dipadu Strategi Make a Match. Hasil penelitian, dari uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar ranah pengetahuan memiliki sig.0,039<0,05 dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 1 sebesar 80,03 dan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 2 sebesar 83,44, ranah sikap memiliki sig.0,027<0,05, ranah keterampilan memiliki sig.0,043<0,05, serta keaktifan belajar memiliki sig.0,006<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada keaktifan dan hasil belajar ranah pengetahuan, sikap, keterampilan antara siswa yang belajar dengan model Discovery Learning dipadu Strategi Concept Sentence dibandingkan dengan Discovery Learning dipadu Strategi Make a Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84952

Actions (login required)

View Item View Item