Pengembangan modul ajar pemodelan perangkat lunak bermuatan project based learning pada siswa SMK kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang / Nadhira Eka Putri Firdianto

Firdianto, Nadhira Eka Putri (2019) Pengembangan modul ajar pemodelan perangkat lunak bermuatan project based learning pada siswa SMK kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang / Nadhira Eka Putri Firdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdianto, Nadhira Eka Putri. 2018. Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Perangkat LunakBermuatan Project Based Learning Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan RekayasaPerangkat Lunak Di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika,Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd.Kata Kunci: Project Based Learning, Pemodelan Perangkat Lunak, Modul AjarPenelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Merancang modul cetakPemodelan Perangkat Lunak program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas XIsesuai dengan standar kompetensi pada Kurikulum 2013, 2) Mengembangkan produk yaitusuatu modul pembelajaran pemodelan perangkat lunak berbasis project based learning bagisiswa kelas XI RPL di SMK Negeri 8 Malang, 3) Menguji kelayakan modul cetak PemodelanPerangkat Lunak yang digunakan dalam proses pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak diSMK Negeri 8 Malang.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) denganmengacu pada model pengembangan Sugiyono yang meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2)Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji cobaproduk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi masal.Akan tetapi tahap produksi masal tidak dilakukan karena penelitian hanya dilakukan padalingkup satu sekolah saja. Subjek penelitian ini meliputi satu dosen sebagai ahli media, satuguru mata pelajaran sebagai ahli materi, serta siswa kelas XI RPL SMK Negeri 8 Malang.Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah modul pembelajaran pemodelan perangkatlunak. Instrumen yang digunakan dalam menilai kelayakan modul berbentuk kuesioner atauangket. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif.Penelitian pengembangan ini menghasilkan : 1) Produk berupa modul cetakpemodelan perangkat lunak bagi siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 8 Malang. 2) Penelitianpengembangan ini menghasilkan tingkat kelayakan modul pembelajaran yang dinilaiberdasarkan ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Dari ahli materi didapatkan nilai rata–rata 88,05%, sedangkan untuk ahli media didapatkan nilai rata-rata 91,67%. Uji coba skalakecil diambil dari 8 siswa yang diambil secara acak, didapatkan nilai rata-rata 86,90%,kemudian dalam uji coba skala besar atau pemakaian yang terdiri dari 33 siswa didapatkannilai rata-rata 89,00%. Secara keseluruhan bahan ajar ini dikatakan sangat valid dan layakuntuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas XI RPL Semester Ganjil di SMK Negeri 8Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84951

Actions (login required)

View Item View Item