Perbedaan hasil belajar sistem komputer karena pengaruh penerapan discovery learning berbantuan multisim dibandingkan problem based learning berbantuan multisim pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Ardhana Iswari Citra Padmi

Padmi, Ardhana Iswari Citra (2019) Perbedaan hasil belajar sistem komputer karena pengaruh penerapan discovery learning berbantuan multisim dibandingkan problem based learning berbantuan multisim pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang / Ardhana Iswari Citra Padmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Padmi, Ardhana Iswari Citra. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Sistem Komputer karena Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Multisim dibandingkan Problem Based Learning Berbantuan Multisim pada Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sistem Komputer, Discovery Learning, Problem Based Learning, Multisim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sistem komputer karena pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Multisim dibandingkan dengan Problem Based Learning berbantuan Multisim. Berdasarkan hasil observasi terdapat beberapa masalah yaitu: (1) penerapan model pembelajaran yang belum terlaksana sebagaimana mestinya; (2) suasana belajar yang kurang menarik bagi siswa; (3) penggunaan media yang belum optimal; (4) fasilitas yang belum dimanfaatkan untuk proses pembelajaran; dan (5) rendahnya hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif jenis eksperimen semu (quasy experimental design) dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Multisim untuk kelas eksperimen dan Problem Based Learning berbantuan Multisim untuk kelas kontrol, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar sistem komputer. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisa data dilakukan dengan uji-t berbantuan aplikasi SPSS 20.0 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji hipotesis menggunakan metode uji-t menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Multisim terhadap hasil belajar sistem komputer; (2) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Multisim terhadap hasil belajar sistem komputer; (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem komputer karena pengaruh penerapan model Discovery Learning berbantuan Multisim dibandingkan Problem Based Learning berbantuan Multisim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84950

Actions (login required)

View Item View Item