Evaluasi pelaksanaan uji kompetensi keahlian Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Eny Winarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan uji kompetensi keahlian Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Eny Winarsih

Winarsih, Eny (2019) Evaluasi pelaksanaan uji kompetensi keahlian Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar / Eny Winarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Winarsih Eny. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (2) Triyanna Widyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Evaluasi Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Discrepancy Evaluation Model. Tujuan mendasar dari lulusan SMK adalah untuk bekerja atau berwirausaha secara mandiri sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni. Salah satu aspek yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk memenuhi tuntutan kompetensi dunia usaha/industri adalah melalui aspek evaluasi atau pengukuran kompetensi yaitu berupa uji kompetensi keahlian. Uji kompetensi keahlian adalah penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh di SMK. Dalam pelaksanaanya uji kompetensi keahlian diberbagai sekolah masih rentan mengalami berbagai masalah diantaranya adalah keterbatasan biaya ketersediaan peralatan praktik serta asesor untuk pelaksanaan uji kompetensi keahlian. Penelitian ini menggunakan model penelitian DEM (Discrepancy Evaluation Model) dengan jenis penelitian kualitatif diteliti pada saat proses pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TKJ Koordinator Bidang TKJ panitia pelaksana asesor internal asesor eksternal dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi angket wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan secara kualitatif sesuai apa yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian evaluasi pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam 1 Blitar adalah sebagai berikut (1) Tahap Penyusunan Desain secara keseluruhan yang meliputi (a) tujuan program (b) kesiapan siswa staff dan kelengkapan lain (c) standar termasuk kedalam kategori siap dan sesuai dengan tujuan program yang telah disusun dan drencanakan oleh pihak sekolah. (2) Tahap Instalasi yang meliputi (a) standar persyaratan peralatan utama termasuk kedalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai peralatan uji dengan persentase 94% (b) standar persayaratan peralatan pendukung termasuk kedalam kategori sangat layak untuk digunakan dengan persentase 83% (c) standar kelayakan tempat/ruang termasuk kedalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai ruang uji kompetensi keahlian dengan persentase 94% (d) standar persyaratan asesor internal termasuk kedalam kategori sangat memenuhi standar yang telah ditetapkan sebagai penguji dengan persentase 100% (e) standar persyaratan asesor eksternal termasuk kedalam vii kategori sangat sesuai dengan persentase 80%. (3) Tahap Proses keseluruhan sesuai dengan skema yang telah dirancang oleh pihak sekolah dalam pelaksanaan uji kompetensi keahlian. (4) Tahap Produk secara keseluruhan sesuai dengan tujuan terminal dari uji kompetensi keahlian dengan sekolah yang menyediakan anggaran dana guru dan siswa yang menjadi pendukung terlaksananya program serta ketidaksiapan beberapa siswa yang menjadi salah satu faktor penghambat program. Dari keseleuruhan proses yang mencakup 4 tahap yang telah dijelaskan diatas dapat ditarik keseimpulan yaitu mulai dari (1) tahap penyusunan desain sudah sangat baik dilakukan (2) tahap instalasi termasuk kedalam kategori sangat sesuai dan layak untuk digunakan sebagai uji kompetensi keahlian (3) tahap proses secara keseluruhan sudah sesuai dengan skema ukk yang dirancang oleh pihak sekolah dan (4) tahap produk secara keseluruhan juga sangat sesuai dengan tujuan terminal dari ukk yang akan dilaksanakan. Dari kesimpulan yang telah disebutkan saran dari peneliti terhadap pihak yang terkait adalah untuk terus mendukung program UKK dan memperbaiki proses kedepannya agar menjadi program bermutu dan berkualitas dalam mencetak lulusan yang berkompeten dibidangnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84949

Actions (login required)

View Item View Item