Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi mobile pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan bermuatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam Batu / Lu'luul Maknun

Maknun, Lu'luul (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi mobile pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan bermuatan problem based learning untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Islam Batu / Lu'luul Maknun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maknun, Lu’luul. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Mobile Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Bermuatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan jaringan di SMK Islam Batu. Skripsi Jurursan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, S.Pd., M.Pd., (II) Harits Ar Rosyid, S.T., M.T., Ph.D. Kata kunci: Bahan Ajar, Teknologi Layanan Jaringan , Problem Based Learning Perkembangan yang terjadi pada era digital saat ini memberikan inovasi dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang berkembang saat ini adalah penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan kepada peserta didik kelas XI TKJ SMK Islam Batu, diketahui bahwa penggunaan fasilitas pembelajaran berupa laptop masih tergolong sedikit yakni sebesar 30%. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan hanya terbatas pada penggunaan powerpoint, sehingga peserta didik kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Disisi lain model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik juga mempengaruhi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, bahan ajar berbasis aplikasi mobile dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Selain itu model pembelajaran juga harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Berdasarkan kajian yang telah dijabarkan diatas, bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat menjadi bahan ajar alternatif dalam proses pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan serta untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk merancang, mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengimplementasikan bahan ajar TLJ sebagai bahan ajar berbasis aplikasi mobile pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Uji kelayakan dan implementasi penelitian dan pengembangan dilakukan oleh peserta didik jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang sedang dan sudah menempuh mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Hasil uji validasi yang telah dilakukan oleh ahli diperoleh presentase sebesar 93,75% untuk validasi materi dan presentase sebesar 89% dari ahli media. Berdasarkan data hasil tersebut, maka bahan ajar TLJ dinyatakan sangat valid dan dapat dilakukan uji coba. Pada tahap uji coba diperoleh presentase responden untuk perseorangan sebesar 86,25%, uji coba kelompok kecil sebesar 87,50%, dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 30 orang peserta didik sebesar 90,44%. Berdasarkan kriteria validitas, maka bahan ajar TLJ berbasis aplikasi mobile bermuatan problem based learning termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam implementasinya peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84947

Actions (login required)

View Item View Item