Kontribusi kemandirian mengambil keputusan dan kemampuan afektif mapel produktif terhadap psychological well-being dalam kesiapan kerja siswa RPL di SMK Kota Malang / Moch. Noor Alfan Octavian Anwar

Anwar, Moch. Noor Alfan Octavian (2019) Kontribusi kemandirian mengambil keputusan dan kemampuan afektif mapel produktif terhadap psychological well-being dalam kesiapan kerja siswa RPL di SMK Kota Malang / Moch. Noor Alfan Octavian Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar, Moch Noor Alfan Octavian. 2019. Kontribusi Kemandirian Mengambil keputusan dan Kemampuan Afektif Mapel Produktif terhadap Psychological Well-Being dalam Kesiapan Kerja Siswa RPL di SMK Kota Malang. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika (S1), Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T., (II) Drs. Hari Putranto, M.Pd. Kata kunci: Kemandirian mengambil keputusan, kemampuan afektif mata pelajaran produktif, psychological well-being dalam kesiapan kerja. Kesejahteraan psikologis adalah suatu kajian ilmu psikologi positif mengenai bagaimana penilaian manusia mengenai kelebihan dan kekurangan dalam dirinya, serta pengembangan potensi yang optimal. Pada remaja, khususnya SMK kesejahteraan psikologis merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Kesejahteraan psikologis merupakan unsur penting yang perlu ditumbuhkan pada individu agar dapat menguatkan keterikatan secara penuh dalam menghadapi tanggung jawab dan mencapai potensinya dimana berawal dari pengambilan keputusan yang para siswa akan ambil dan afektif dalam mata pelajaran produktif dari para siswa itu sendiri. Rancangan penilitian ini adalah penilitian survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 326 siswa dari 3 SMK di Kota Malang. Teknik sampel menggunakan simple random sampling dan rumus slovin untuk menentukan besarnya sampel, sehingga memperoleh sampel dari para siswa. Pengumpulan data untuk kemandirian pengambilan keputusan dan psychological well-being dalam kesiapan kerja menggunakan kuisioner dan afektif dalam mata pelajaran produktif menggunakan data sekunder (data penilaian guru). Pengolahan data menggunakan software SPSS for Windows 25. Hasil analisis diketahui bahwa variabel X1 tergolong tinggi dengan persentase sebesar 68% variabel X2 tergolong tinggi dengan persentase sebesar 42% , dan variabel Y tergolong tinggi dengan persentase sebesar 72% .hubungan antara X1 dan Y terdapat hubungan yang positif dan signifikan, serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara X2 dan Y. Hubungan yang terjadi antar variabel bebas (X¬1 dan X2) dengan variabel terikat (Y) adalah hubungan positif dan signifikan. Sumbangan efektif dari kedua variabel bebas sebesar 30,40 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian mengambil keputusan dengan psychological well-being dalam kesiapan kerja; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan afektif mapel produktif dengan psychological well-being dalam kesiapan kerja; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian mengambil keputusan dan kemampuan afektif mata pelajaran produktif secara simultan dengan psychological well-being dalam kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian RPL di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84944

Actions (login required)

View Item View Item