Pengembangan bahan ajar berbasis webtoon dengan model mind mapping pada materi dasar desain grafis untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK / Amilia Fatimatul Hamidah

Hamidah, Amilia Fatimatul (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis webtoon dengan model mind mapping pada materi dasar desain grafis untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK / Amilia Fatimatul Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamidah, Amilia Fatimatul. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Webtoon dengan Model Mind Mapping pada Materi Dasar Desain Grafis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Siswa Kelas X Program Keahlian TKI di SMK. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.Pd., Pembimbing (II) Dila Umnia Soraya, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Bahan Ajar, Webtoon, Mind Mapping, Pemahaman Konsep. Pemanfaatan bahan ajar akan lebih baik apabila melibatkan sesuatu yang akrab dengan siswa. Selain itu, pemahaman konsep dalam pembelajaran sangatlah penting mengingat konsep adalah dasar untuk memahami suatu materi dan bahan ajar merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan konsep-konsep sebuah materi. Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini meliputi: untuk (1) merancang bahan ajar berbasis webtoon dengan model mind mapping pada materi dasar desain grafis untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK, (2) mengembangkan bahan ajar berbasis webtoon dengan model mind mapping pada materi dasar desain grafis untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK, (3) menguji kelayakan bahan ajar berbasis webtoon dengan model mind mapping pada materi dasar desain grafis untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK, dan (4) mengimplementasikan bahan ajar berbasis webtoon dengan model mind mapping pada materi dasar desain grafis untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK. Pengembangan bahan ajar berbasis line webtoon ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yakni analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan), dan evaluation (evaluasi). Subyek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMKN 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan Hasil penelitian diketahui: adanya peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas X program keahlian TKI di SMK Negeri 4 Malang yang terlihat dari hasil uji pemahaman konsep awal (pre test) dengan hasil 56%yang dibandingkan dengan uji pemahaman konsep akhir (post test) dengan peningkatan hasil 74%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan materi dasar desain grafis berbasis webtoon dengan model mind mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84943

Actions (login required)

View Item View Item