Persepsi guru tentang penggunaan e-learning moodle dan output pembelajarannya untuk siswa SMK Negeri di Kota Banyuwangi / Resky Indah Tantri Kumalasari

Kumalasari, Resky Indah Tantri (2019) Persepsi guru tentang penggunaan e-learning moodle dan output pembelajarannya untuk siswa SMK Negeri di Kota Banyuwangi / Resky Indah Tantri Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kumalasari, Resky Indah Tantri. 2019. Persepsi Guru Tentang Penggunaan E-learning Moodle dan Output Pembelajarannya Untuk Siswa SMK Negeri di Kota Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr.Ir.Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) Triyanna Widiyaningtyas, S.T.,M.T. Kata Kunci: Persepsi guru, e-learning Moodle, dampak pembelajaran terhadap siswa SMKN di Kota Banyuwangi. E-learning merupakan salah satu kombinasi pembelajaran yang saat ini banyak diterapkan di lembaga pendidikan diantaranya SMKN 1 Banyuwangi, SMKN 1 Glagah, SMKN Ihya’ Ulumudin Singojuruh, dan SMKN Darul Ulum Muncar Banyuwangi. SMKN tersebut menggunakan salah satu model learning management system (LMS) yaitu Moodle. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa guru di SMKN tersebut penggunaan e-learning Moodle menimbulkan perbedaan persepsi. Perbedaan persepsi guru tentang e-learning Moodle menimbulkan perbedaan pemahaman guru tentang pembelajaran e-learning Moodle. Hal tersebut tentunya memberikan output yang berbeda pula terhadap cara pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang penggunaan e-learning Moodle sebagai media pembelajaran dan output pembelajarannya terhadap siswa SMKN di Kota Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen angket, observasi, dan wawancara untuk pengumpulan data. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Penarikan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling dilihat dari dua kriteria yaitu (1) sekolah memiliki program keahlian TKJ, RPL, dan Multimedia dan memiliki e-learning Moodle; dan (2) guru memanfaatkan e-learning Moodle sebagai media pembelajaran. Jumlah guru dari keempat sekolah tersebut sebanyak 337 orang guru yang meliputi SMKN 1 Banyuwangi sebanyak 19 orang, SMKN 1 Glagah 14 orang, SMKN Ihya’ Ulumudin Singojuruh sebanyak 24 orang, dan SMKN Darul Ulum Muncar sebanyak 30 orang. Sehingga jumlah keseluruhan guru yang menggunakan e-learning Moodle adalah 87 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor individu menyebabkan perbedaan persepsi guru mengenai penggunaan e-learning Moodle sebagai media pembelajaran, 51% guru menyatakan efektif dan 48% guru menyatakan tidak efektif; (2) output pembelajaran yang terjadi terhadap siswa menurut persepsi guru ada dua yaitu output pembelajaran positif dan negatif; dan (3) hasil kelayakan sistem informasi dari ketiga sekolah menunjukkan 68%-80% persentase yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84941

Actions (login required)

View Item View Item