Studi kerjasama antara sekolah dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) sebagai kunci revitalisasi SMK dalam peningkatan mutu sekolah (studi kasus: di SMK Negeri 4 Malang) / Vera Fidiyanti

Fidiyanti, Vera (2019) Studi kerjasama antara sekolah dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) sebagai kunci revitalisasi SMK dalam peningkatan mutu sekolah (studi kasus: di SMK Negeri 4 Malang) / Vera Fidiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fidiyanti, Vera. 2019. Studi Kerjasama Antara Sekolah dengan Dunia Usaha dan Industri (DUDI) sebagai Kunci Revitalisasi SMK dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Kasus : di SMK Negeri 4 Malang). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Kata Kunci : Kerjasama antara sekolah dengan DUDI, Revitalisasi SMK Pasca dirilisnya Instruksi Presiden RI No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia, SMK Negeri 4 Malang merupakan salah satu SMK yang ditunjuk pemerintah sebagai sekolah rujukan. SMK Negeri 4 Malang telah menerima hibah dari pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap : (1) Bentuk-bentuk kerjasama antara SMK Negeri 4 Malang dengan DUDI; (2) Kendala-kendala yang timbul dari proses kerjasama antara SMK Negeri 4 Malang dengan DUDI; (3) Upaya penanggulangan kendala-kendala dari proses kerjasama antara SMK Negeri 4 Malang dengan DUDI; (4) Dampak positif dari kerjasama antara SMK Negeri 4 Malang dengan DUDI bagi peningkatan mutu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan yang ada di SMK Negeri 4 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus, teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMK Negeri 4 Malang melaksanakan beberapa kerjasama antara sekolah dengan industri. Program kerjasamanya adalah sinkronisasi dan validasi kurikulum, kunjungan industri, kelas industri, guru magang (On the Job Training), guru tamu, Praktik Kerja Industri (Prakerin), Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), teaching factory, dan rekrutmen tenaga kerja. Kendala-kendala dari kerjasama ini adalah: (1) Keterbukaan perusahaan; (2) Waktu yang tidak sinkron; (3) Ketertinggalan teknologi; (4) Birokrasi yang sulit; (5) Siswa kurang kompeten. Upaya penanggulangannya adalah dengan: (1) Sharing/saling komunikasi; (2) Menyamakan waktu; (3) Memberi overview pada siswa; (4) Siswa prakerin selesai sebelum waktunya; (5) Memberi ultimatum putus kontrak. Mutu SMK Negeri 4 Malang mengalami peningkatan pada jumlah industri yang bekerjasama dengan SMK Negeri 4 Malang pada kompetensi keahlian animasi dari tahun 2018 sampai dengan 2019. Dampak positif dari kerjasama antara SMK Negeri 4 Malang dengan industri bagi peningkatan mutu sekolah adalah: (1) Siswa direkrut sebelum lulus; (2) Konsep pembelajaran dapat mengikuti perkembangan di industri. Dan dampak positif bagi industri adalah industri mendapat tim baru untuk membantu beberapa pekerjaan yang overload.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84938

Actions (login required)

View Item View Item