Kontribusi pemahaman perangkat pembelajaran terhadap kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Yenny Triyandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pemahaman perangkat pembelajaran terhadap kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Yenny Triyandari

Triyandari, Yenny (2019) Kontribusi pemahaman perangkat pembelajaran terhadap kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Yenny Triyandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Triyandari Yenny. 2019. Kontribusi Pemahaman tentang Perangkat Pembelajaran Terhadap Kepercayaan Diri dalam Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci PemahamanPerangkat Pembelajaran Kepercayaan diri dalam mengajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang memiliki kendala saat melaksanakan kegiatan praktik mengajar di sekolah latihan.Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman mahasiswa terkait perangkat pembelajaran.Tujuan penelitian ini diantaranya (1) mengungkapdeskripsi pemahaman tentang perangkat pembelajaran mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2016 (2) mengungkapdeskripsi kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik angkatan 2016 (3) mengetahui hubungan antara pemahaman tentang perangkat pembelajaran dengan kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang dan (4) mengetahui kontribusi pemahaman tentang perangkat pembelajaran terhadap kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2016. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptifkuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 responden yang diperoleh berdasarkan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket.Uji coba dilakukan dengan uji validitas uji reliabilitas uji tingkat kesukaran soal dan uji daya beda soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas uji linearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Mahasiswa yang memiliki pemahaman tentang perangkat pembelajaran sangat tinggisebesar 43 2% mahasiswa yang memiliki pemahaman tentang perangkat pembelajaran tinggi sebesar 52 7% dan mahasiswa yang memiliki pemahaman rendah sebesar4 1% (2)mahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam mengajar yang tinggi sebesar 94 6% danmahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam mengajar yang cukup tinggi sebesar 5 4% (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman tentang Perangkat Pembelajaran terhadap Kepercayaan Diri dalam Mengajar pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang (4) kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 33 2% Berdasarkan hasil analisis maka dapat ditarik kesimpulan (1) Pemahaman tentang perangkat pembelajaran mahasiswa PTI UM tergolong tinggi (2) Kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa PTI UM tergolong cukup tinggi dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman tentang perangkat pembelajaran terhadap kepercayaan diri dalam mengajar mahasiswa PTI UM (4) Sebesar 33 2% penelitian memiliki kontribusi dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84937

Actions (login required)

View Item View Item