Pengembangan multimedia animasi terprogram untuk pembelajaran pemrograman dasar bermuatan PBL untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X RPL di SMK / Nur Sita Yunia Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia animasi terprogram untuk pembelajaran pemrograman dasar bermuatan PBL untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X RPL di SMK / Nur Sita Yunia Rachmawati

Rachmawati, Nur Sita Yunia (2019) Pengembangan multimedia animasi terprogram untuk pembelajaran pemrograman dasar bermuatan PBL untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada siswa kelas X RPL di SMK / Nur Sita Yunia Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati NurSitaYunia. 2018. Pengembangan Multimedia Animasi Terprogram untuk Pembelajaran Pemrograman Dasar Bermuatan PBL untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas X RPL di SMK. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HakkunElmunsyah S.T. M.T. (II) HaritsArRosyid S.T. M.T. Ph. D. Kata Kunci multimedia animasi animasiterprogram pemrogramandasar PBL. Penelitiandanpengembanganinibertujuanuntukmengembangkan multimedia animasiterprogrampadamatapelajarankhususnyapadapemrogramandasarbagisiswa SMK. Rendahnyatingkatpemahamansiswamengenaimatapelajaranpemrogramandasarmempunyaikaitaneratdenganpembelajaran yang dilakukanoleh guru. Berdasarkanobservasi yang telahdilakukanpadasiswa di SMK PGRI 3 Malang menunjukkanbahwasiswakurangmemahamimateri yang disampaikanoleh guru danterjadinyadiskriminasiterhadapsiswajugamenjadifaktormengenaisiswa yang kurangmemahamimateritersebut. Berdasarkanhasilangket online yang disebarluaskan di SMK PGRI 3 Malang SMK Negeri 4 Malang SMK Negeri 6 Malang dan SMK Negeri 11 Malang menunjukkanbahwasiswalebihcenderungmenghindaribertanyakepada guru danlebihmemilihmenggunakan media pembelajaran yang lain ataubertanyadengantemansejawat. Permasalahantersebutmelatarbelakangipenelitiandanpengembanganiniuntukbisameningkatpemahamandarisiswamengenaimateri yang akandisampaikanmelalui multimedia animasiterprogramini. Pengembangan media pembelajaraninimenggunakan model pengembangan ADDIE dimanalangkah-langkahnyaantara lain (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (3) implementasi dan (4) evaluasi. Validasidilakukanolehahli media danahlimateri. Ujicoba media pembelajarandilakukankepadakelompokkecilberjumlah 15 siswadanujicobakelompokbesar 30 siswa. Rancanganpadapenelitianinimenggunakanstoryboardsebagaiacuandalampembuatan multimedia animasiterprogram denganmenggunakankaraktersebagaiicondaripengembangandanmenggunakan media publishYoutubesebagai media penyebarluasananimasi yang akandikembangkan. Pembuatananimasimenggunakansoftware Adobe AfterEfect CS 6 pembuatankarakteranimasidanbackground animasimenggunakan software CorelDraw X7 dandalampembuatan video animasidenganmenggunakan software Adobe Premiere CS 6. Berdasarkanhasilujicoba diperolehpersentasedaritiaphasil yang dilakukanlehsubyek-subyekujicobasebagaiberikut hasilvalidasiolehahli media mendapatkanhasilpersentase 96%. Hasilvalidasiolehahlimaterimendapatkanhasilpersentase 90%. Hasilujicobapadakelompokkecilsebesar 84% danpadaujicobakelompokbesarsebesar 91%. BerdasarkankriteriakelayakanmenurutAkbar(2013 155) media pembelajarantergolongkriteriasangatlayakdanartinya media pembelajaraninidinyatakanlayakuntukdigunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84935

Actions (login required)

View Item View Item