Hubungan keterampilan metakognitif dan interpersonal communication skill dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang / Sitti Rugayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keterampilan metakognitif dan interpersonal communication skill dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang / Sitti Rugayah

Rugayah, Sitti (2019) Hubungan keterampilan metakognitif dan interpersonal communication skill dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang / Sitti Rugayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rugayah Sitti. 2019. Hubungan Keterampilan Metakognitif Dan Interpersonal Communication Skills Dengan Kemandirian Menentukan Keputusan Karier Siswa SMKN Kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia Di Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara M. Pd. Pembimbing (II) Dila Umnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Metakognitif Interpersonal Communication Skill Kemandirian Menentukan Keputasan Karier SMK Berdasarkan fakta yang terjadi siswa Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri di Kota Malang cenderung ragu-ragu dalam menentukan keputusan karier yang akan mereka pilih setela lulus dari jenjang SMK. Keraguan-keraguan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik yang berasal dari dalam diri maupun dari lingkungan siswa. Salah satu faktor yang muncul dari dalam diri siswa yaitu keterampilan metakognitif dan interpersonal Communication skill. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui deskripsi metakognitif siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang (2) Mengetahui deskripsi interpersonal communication skills siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang (3) Mengetahui deskripsi kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang (4) Mengetahui signifikansi hubungan antara keterampilan metakognitif dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang (5) Mengetahui signifikansi hubungan antara interpersonal communication skills dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang (6) Mengetahui signifikansi hubungan secara simultan antara keterampilan berpikir metakognitif dan interpersonal communication skills dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Populasi siswa adalah siswa SMK Negeri di Kota Malang sebanyak 6 SMK. Kemudian dengan teknik purposive sampling sampel penelitian menjadi 3 SMK yaitu (1) SMKN 5 Malang (2) SMKN 10 Malang (3) SMKN 11 Malang yang respondennya berjumlang 150 siswa. Metode penelitian ini yaitu deskriptif korelasional dengan data kuantitatif. Instrument pengambilan data menggunakan angket tertutup yang menghasilkan data terdistribusi normal dan linier kemudian hasil deskriptif yang diperoleh untuk variabel keterampilan metakognitif sebesar 51% dalam kategori sangat tinggi interpersonal communication skills sebesar 58% dalam kategori tinggi dan kemandirian menentukan keputusan karier sebesar 65% dalam kategori tinggi. Dengan korelasi parsial menghasilkan data yang signifikan dan positif berarti ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan metakognitif dan ada pengaruh yang signifikan antar interpersonal communication skill dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Kemudian dengan uji F menghasilkan data yang signifikan dan positif yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif dan interpersonal communication skill dengan kemandirian menentukan keputusan karier siswa SMKN kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia di Kota Malang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa SMKN di Kota Malang membutuhkan keterampilan metakognitif dan interpersonal communication skill agar dapat lebih mengenali dirinya sendiri dan agar dapat mengendalikan pengaruh lingkungan terhadap dirinya. Sehingga siswa mampu dengan mandiri menentukan keputusan kariernya di masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84934

Actions (login required)

View Item View Item