Perbedaan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model PjBL dipadu dengan metode drill dibandingkan penerapan model flipped classroom dipadu dengan metode gamification pada siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Kepanjen / Mokhammad Rizal Zam Zami - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model PjBL dipadu dengan metode drill dibandingkan penerapan model flipped classroom dipadu dengan metode gamification pada siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Kepanjen / Mokhammad Rizal Zam Zami

Zami, Mokhammad Rizal Zam (2019) Perbedaan hasil belajar pemrograman dasar karena penerapan model PjBL dipadu dengan metode drill dibandingkan penerapan model flipped classroom dipadu dengan metode gamification pada siswa kelas X RPL SMK Negeri 1 Kepanjen / Mokhammad Rizal Zam Zami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zami Mokhammad Rizal Zam. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Karena Penerapan Model PjBL Dipadu dengan Metode Drill Dibandingkan Penerapan Model Flipped Classroom Dipadu dengan Metode Gamification pada Siswa Kelas X RPL SMK Negeri 1 Kepanjen . Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd. M.T. (2) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci Hasil Belajar Pemrograman Dasar PjBL Flipped Classroom Drill Gamification. Pemilihan model pada pembelajaran yang berpusat pada siswa menjadi hal yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Model yang dipilih harus disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Khususnya pada mata pelajaran yang memiliki tingkat kesukaran yang cukup tinggi. Oleh karena itu pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan metode yang sesuai akan menghasilkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengungkap signifikansi perbedaan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan karena penerapan model PjBL dengan metode Drill dan penerapan model Flipped Classroom dengan metode Gamification. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design menggunakan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X RPL SMKN 1 Kepanjen tahun ajar 2018/2019. Sebanyak 56 orang siswa digunakan sebagai sampel penelitian yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas X RPL 1 dan X RPL 2. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen pengukuran terdiri atas tes objektif dan rubrik penilaian portofolio. Kemudian hipotesis diuji menggunakan uji t Independent Sample T-test dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pengetahuan dan keterampilan antara kedua kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji t hasil belajar pengetahuan memiliki signifikansi perbedaan sebesar 0 000 sedangkan hasil belajar keterampilan memiliki signifikansi perbedaan sebesar 0 003. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan beberapa temuan berikut (1) rata-rata hasil belajar pengetahuan kelas X RPL 1 yaitu 63 57 lebih tinggi daripada kelas X RPL 2 yaitu 51 36 (2) rata-rata hasil belajar keterampilan kelas X RPL 1 yaitu 76 lebih tinggi daripada kelas X RPL 2 yaitu 69 1 dan (3) gain score hasil belajar pengetahuan kelas X RPL 1 sebesar 27 76 sehingga lebih besar daripada gain score hasil belajar pengetahuan kelas X RPL 2 sebesar 7 53. Perpaduan antara model Flipped Classroom dan metode Gamification memberikan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik daripada perpaduan model PjBL dan metode Drill. Sehingga model Flipped Classroom yang dipadu dengan metode Gamification dapat menjadi salah satu referensi perpaduan model dan metode yang tepat untuk Pemrograman Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84931

Actions (login required)

View Item View Item