Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan sirkuit smart and brave di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar / Umi Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan sirkuit smart and brave di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar / Umi Khasanah

Khasanah, Umi (2017) Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan sirkuit smart and brave di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar / Umi Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Umi. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Sirkuit Smart and Brave di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Sutansi M.Pd. (II) Suminah S. Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun permainan sirkuit smart and brave Hasil observasi dan wawancara yang telah dilaksanakan di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar mengenai pembelajaran pada anak usia 4-5 tahun (kelompok A) terdapat permasalahan yaitu diketahui bahwa banyak anak mengalami kesulitan pada saat kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan fisik motorik. Contohnya pada saat senam dari 23 anak terdapat 14 anak yang pasif dalam mengikuti gerakan-gerakan senam. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut adalah kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan motorik kasar terkesan monoton hanya dilakukan melalui kegiatan senam dan bermain bebas di area permainan outdoor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan sirkuit Smart and Brave dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain (a) wawancara (b) observasi (c) catatan lapangan dan (d) dokumentasi. Penerapan permaian sirkuit Smart and Brave terbukti meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hal ini terbukti bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 85% dan pada siklus II adalah 100%. Sedangkan rata-rata persentase aktivitas anak pada siklus I adalah 85% dan pada siklus II adalah 100%. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak dapat dibuktikan pada hasil persentase ketuntasan pada pratindakan memperoleh 39% siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 100%. Hasil peningkatan mulai dari pratindakan sampai dengan siklus II mengalami peningkatan sebesar 61%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas anak pada penerapan permainan sirkuit Smart and Brave sangat baik. Selain itu penerapan permainan sirkuit Smart and Brave juga dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Al-Hidayah Rejowinangun Kademangan Blitar. Oleh karena itu diharapkan permainan sirkuit Smart and Brave ini dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item