Hubungan self-regulated learning dan communication skills terhadap kesiapan mental berkarir di dunia industri siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK di Kota Malang / Dyah Cintyarini Hardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan self-regulated learning dan communication skills terhadap kesiapan mental berkarir di dunia industri siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK di Kota Malang / Dyah Cintyarini Hardiansyah

Hardiansyah, Dyah Cintyarini (2019) Hubungan self-regulated learning dan communication skills terhadap kesiapan mental berkarir di dunia industri siswa kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK di Kota Malang / Dyah Cintyarini Hardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

V ABSTRAK Hardiansyah Dyah Cintyarini. 2019. Hubungan Self-Regulated Learning dan Communication Skills Terhadap Kesiapan Mental Berkarir di Dunia Industri Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK di Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom.(II) Harits Ar Rodyid S.T. M.T. Ph.D. Kata Kunci self-regulated learning communication skills kesiapan mental berkarir dunia industri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan formal tingkat menengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Namun dalam realitanya banyak siswa yang kurang siap untuk terjun ke dunia industri dikarenakan kurang berani dan kurang yakin dalam memiliki kemampuan yang telah diajarkan oleh guru. Kesiapan mental siswa merupakan salah satu dorongan bahwa siswa tersebut berani untuk menghadapi permasalahan maupun berani untuk menghadapi berbagai macam orang. Untuk meningkatkan kesiapan mental siswa tersebut dapat diihat dari beberapa faktor yang cukup berpengaruh adalah kemampuan Self-Regulated Learning atau mengatur diri sendiri dan bagaimana cara berkomunikasi kepada orang lain (Communciation Skills) . Self-Regulated Learning merupakan kemampuan siswa dalam mengatur atau memanajemen diri sendiri untuk mencapai sebuah tujuan dengan memiliki kemampuan untuk mengatur diri sendiri akan mempermudah siswa untuk menyelesaikan sebuah tugas. Communication Skills merupakan kemampuan komunikasi siswa kepada orang lain. Dalam dunia industri tentu akan sering bekerja bersama tim atau kelompok dengan kemampuan komunikasi akan membantu siswa yang memilih untuk terjun di dunia industri tidak akan canggung atau takut untuk menghadapi orang lain saat mengungkapkan pendapatnya. Kemampuan komunikasi juga akan membuat siswa mengetahui cara bersikap sesuai situasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan dari Self- Regulated Learning siswa kelas XI program keahlian Multimedia SMK di Kota Malang (2) Mengetahui kemampuan dari Communication Skills siswa kelas XI program keahlian Multimedia SMK di Kota Malang (3) Mengetahui hubungan Self-Regulated Learning terhadap kesiapan mental siswa kelas XI program keahlian Multimedia SMK di Kota Malang (4) Mengetahui hubungan Communication Skills terhadap kesiapan mental siswa kelas XI program keahlian Multimedia SMK di Kota Malang (5) Mengetahui hubungan Self-Regulated Learning dan Communication Skills pada kesiapan mental siswa kelas XI program keahlian Multimedia berkarir di dunia industri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK kelas XI di Kota Malang dengan jumlah populasi sebanyak 196 siswa. Didapatkan jumlah populasi sebanyak 123 siswa dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Untuk mengukur variabel X1 variabel X2 dan Y menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup dan teknik analisis data yang VI digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian yaitu (1) Kemampuan siswa kelas XI SMK program keahlian Multimedia terhadap Self-Regulated Learning termasuk dalam kategori cenderung tinggi (2) Communication Skills siswa kelas XI program keahlian Multimedia cenderung tinggi (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara Self- Regulated Learning dengan kesiapan mental siswa terjun ke dunia industri (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara Communication Skills dengan kesiapan mental siswa terjun ke dunia industri (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara Self-Regulated Learning dan Communication Skills terhadap kesiapan mental siswa terjun ke dunia industri. VII ABSTRACT Hardiansyah Dyah Cintyarini. 2019. Hubungan Self-Regulated Learning dan Communication Skills Terhadap Kesiapan Mental Berkarir di Dunia Industri Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK di Kota Malang. Thesis Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering Malang State University. Mentor (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom.(II) Harits Ar Rodyid S.T. M.T. Ph.D. Keywords self concept adversity quotient independence in choosing a career industry world This study aims to (1) Know the ability of Self-Regulated Learning students of class XI Multimedia Vocational expertise programs in Malang City (2) Know the ability of Communication Skills students of class XI Multimedia Vocational expertise programs in Malang City (3) Knowing relationships Self- Regulated Learning towards mental readiness of class XI students of Multimedia Multimedia expertise programs in Malang City (4) Knowing the relationship of Communication Skills to mental readiness of class XI students of Multimedia Vocational expertise programs in Malang (5) Knowing the relationship between Self-Regulated Learning and Communication Skills on mental readiness of class XI Multimedia expertise programs career in the industrial world. This research is a quantitative study with a descriptive correlational research design. This research was conducted on class XI Vocational students in Malang City with a population of 196 students. There were 123 populations using the propotional random sampling technique. To measure the variable X1 variables X2 and Y use the research instrument in the form of a closed questionnaire and the data analysis techniques used are partial correlation analysis and multiple regression analysis. Data analysis in this study was carried out with the help of SPSS. The results of the study are (1) Ability of students of class XI Vocational Multimedia expertise program on Self-Regulated Learning included in the category of high tendencies -Regulated Learning with students mental readiness to enter the industry (4) There is a positive and significant relationship between Communication Skills and students mental readiness to enter the industry (5) There is a positive and significant relationship between Self-Regulated Learning and Communication Skills towards readiness students plunge into the industrial world.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84921

Actions (login required)

View Item View Item