Pengembangan modul elektronik berbasis web pada mata pelajaran sistem komputer untuk siswa SMK Negeri 5 Malang kelas XI Teknik Komputer Jaringan / Dwi Sukma Setya Nugraha

Nugraha, Dwi Sukma Setya (2019) Pengembangan modul elektronik berbasis web pada mata pelajaran sistem komputer untuk siswa SMK Negeri 5 Malang kelas XI Teknik Komputer Jaringan / Dwi Sukma Setya Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Dwi Sukma Setya. 2019. Pengembangan Modul Ajar Elektronik Berbasis Web pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Siswa SMK Negeri 5 Malang Kelas XI Teknik Komputer Jaringan .Proposal, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muladi, S.T., M.T. (2) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara M.Pd. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, sistem komputer, web. Pada ruang lingkup pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) utamanya pada jurusan teknik komputer jaringan, mata pembelajaran sistem komputer merupakan salah satu mata pembelajaran yang wajib dilaksanakan. Pada dasarnya mata pembelajaran ini berada pada lingkup perkembangan teknologi komputer yang disesuaikan pada silabus C1 kurikulum 2013 revisi 2017. Namun seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin berkembang, mata pembelajaran ini mengalami pergeseran dalam bentuk materi pembelajaran yang diajarkan, dimana siswa dituntut agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat, sementara materi dan perangkat pembelajaran belum dapat di akses dan digunakan secara bebas. Hal ini akan menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran utamanya pada mata pelajaran komputer terapan. Padahal mata pelajaran ini diperlukan siswa selain untuk menunjang mata pelajaran yang akan diambil setelahnya namun juga sebagai bekal siswa untuk menghadapi persaingan setelah lulus nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengembangkan modul mata pembelajaran komputer terapan yang ada (mulai dari mengumpulkan bahan pembuatan modul sesuai kebutuhan, hingga merancang atau mendesain bahan ajar modul yang akan digunakan), (2) Mengetahui sejauh mana tingkat ke-valid-an modul yang digunakan dalam mata pembelajaran komputer terapan. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development, (4)Implementasi, dan (5) Evaluasi. Berdasarkan hasil pengembangan Modul Ajar Sistem Komputer diperoleh hasil: (1) Persentase tingkat kelayakan media oleh Ahli Materi adalah 85,14% yang berarti Valid; (2) Persentase tingkat kelayakan media oleh Ahli Media adalah 90,90%yang berarti Valid;(3) Persentase tingkat kelayakan media oleh Pengguna (siswa) adalah 88,67% yang berarti Valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84916

Actions (login required)

View Item View Item