Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menggunakan media batu berwarna pada Kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar / Lutfiatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menggunakan media batu berwarna pada Kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar / Lutfiatul Hasanah

Hasanah, Lutfiatul (2017) Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menggunakan media batu berwarna pada Kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar / Lutfiatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah Lutfiatul. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Menggunakan Media Batu Berwarna Pada Kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci peningkatan mengenal konsep bilangan 1-10 media batu berwarna Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tentang kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu terdapat 22 anak ada 9 atau 41% anak yang sudah tuntas bisa menyebutkan dan menunjukkan konsep bilangan secara benar. Dari 13 atau 51% anak yang belum tuntas diantaranya 9 atau 41% anak sudah mampu menyebutkan lambang bilangan namun belum mampu menunjukkan jumlah bendanya. Serta terdapat 4 atau 18% anak yang belum mampu menyebutkan lambang bilangan dan belum mampu menunjukkan jumlah bendanya Faktor penyebab yang mempengaruhi permasalahan tersebut antara lain (1) pembelajaran yang masih berpusat pada guru (2) guru jarang menggunakan media didalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media batu berwarna serta peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan obeservasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penggunaan media batu berwarna untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Pada siklus I dan siklus II hasil observasi aktivitas guru meningkat dari kriteria keberhasilan baik (83 33%) menjadi sangat baik (94 44%). Hasil observasi aktivitas anak dari kriteria keberhasilan sangat kurang (54 55%) menjadi sangat baik (86 36%). Dan hasil penilaian kemampuan rata-rata skor ketuntasan meningkat 25% dari kriteria keberhasilan cukup (61 36%) menjadi sangat baik (86 36%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media batu berwarna dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak. Melalui media yang menarik akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan media batu berwarna dalam pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak khususnya kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 supaya dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Al Hidayah XXII Kota Blitar. ABSTRACT Hasanah Lutfiatul. 2017. Increasing Ability to Know the Numbers Concept 1-10 Using Colored Stone Media In Group A Of TK Al Hidayah XXII City Blitar. Skripsi Course S1 Teacher Training Early Childhood Education The Department Of Education Primary School And Preschool .The Faculty Of Education State University Malang Tutors (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd. Keywords increased know the number concept 1-10 media colored stone Observations was done with learning know the numbers concept 1-10 using colored stone media in group A of TK Al Hidayah XXII City Blitar know there are some problems in the implementation of learning that there are 22 son is 9 or 41 % children have completed could mention and the concepts the number is right.From 13 or 51 % the unfinished including 9 or 41 % children are able to mention a symbol of the number of but have not been demonstrated the number of his.And there are 4 or 18 % children who are not able to mention a symbol of the number and has demonstrated the number of his the causes of affecting these problems include ( 1 ) learning still centered on teachers ( 2 ) teachers rarely using media in learning activities. This study attempts to describe media uses colored stone and increasing ability to know the numbers concept 1-10 using colored stone media in group A of Tk Al Hidayah XXII City Blitar. An approach that used in this research was a qualitative approach by the kind of research class action .Research dilaksanakam in two cycle the cycle i and ii cycle masing-masing cycle consisting of four stages in the planning implementation obeservasi and reflection .Data collection was carried out by using technique observation interview field notes and documentation Research results media uses colored stone to improve the ability to know the concept 1-10 numbers .On the cycle i and ii observations cycle activity teachers are growing criteria fine success ( 83 33 % ) be very good ( 94 44 % ) .Observations their activities criteria success inadequate ( 54 55 % ) be very good ( 86 36 % ) .And scores rata-rata ability to score ketuntasan rose 25 % criteria success enough ( 61 36 % ) be very good ( 86 36 % ). Based on the research done we can conclude that media uses colored stone can upgrading know the concept 1-10 numbers on child.Through the interesting children will raise interest to follow learning.Hence advised for teachers to use media colored stone in learning to improve cognitive development especially know the ability concept 1-10 numbers in order to improve the increasing ability to know the numbers concept 1-10 using colored stone media in group A of Tk Al Hidayah XXII City Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item