Pemanfaatan media hand puppet untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak Kelompok A TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Nova Dwi Harsiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media hand puppet untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak Kelompok A TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Nova Dwi Harsiwi

Harsiwi, Nova Dwi (2017) Pemanfaatan media hand puppet untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak Kelompok A TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Nova Dwi Harsiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harsiwi Nova Dwi. 2017. Pemanfaatan Media Hand Puppet untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A TK Star Kids Singosari Kabupaten Malang Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PraSekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Dosen Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Berbicara Kelompok A Media Hand Puppet Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan yaitu karena keterampilan berbicara anak kelompok A TK Star Kids Singosari Kabupaten Malang belum berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan usia anak. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan belajar dan kurang memberikan kegiatan yang menyenangkan pembelajaran yang masih konvensial sehingga anak kurang tertarik dan antusias. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan media hand puppet dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A TK Star Kids Singosari Kabupaten Malang (2) untuk mendeskripsikan penerapan media hand puppet dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A TK Star Kids Singosari Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan model PTK yang hasilnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dilakukan II siklus setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan anak kelompok A TK Star Kids Singosari Kabupaten Malang dengan jumlah 19 anak. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kegiatan guru lembar kegiatan anak dan lembar observasi capaian keterampilan berbicara anak. Cara meningkatkan keterampilan berbicara anak dalam kegiatan bercerita ini peneliti menggunakan media berupa hand puppet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak meningkat. Terlihat pada proses pembelajaran dalam kegiatan bercerita menggunakan media hand puppet menjadikan kegiatan lebih menarik dan menyenangkan anak merasa tidak mudah bosan dan lebih mudah menangkap pemahaman isi cerita. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II pada siklus I anak yang mencapai kriteria BSB keterampilan berbicara anak pada aspek A yaitu 5 anak atau 26 3% pada aspek B terdapat 5 anak atau 26 3% pada aspek C terdapat 7 anak atau 36 8%. Siklus II pada aspek A yaitu 14 anak atau 73 6% pada aspek B terdapat 15 anak atau 78 9% pada aspek C terdapat 17 anak atau 89 4%. Saran dari peneliti hendaknya guru menerapkan media hand puppet untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak. Guru juga dapat melakukan inovasi agar kualitas pembelajaran menjadi lebih baik dan bermakna bagi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8490

Actions (login required)

View Item View Item