Pengembangan modul pembelajaran ekonomi pokok bahasan permasalahan ekonomi untuk siswa SLTP kelas I caturwulan I <BR>oleh Iful Hidayat

Hidayat, Iful (2002) Pengembangan modul pembelajaran ekonomi pokok bahasan permasalahan ekonomi untuk siswa SLTP kelas I caturwulan I <BR>oleh Iful Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayatt,f uI.2002I.' engembangunil ftstlulI ,emhelu.iuranlik orutmiI 'oktk Buhu,vun PermasalahanL korutmiu ntuks rswa SI'T'PK elqs I Caturwulan/ . Skripsi, JurusanT eknologi PendidikanF, akultasI lmu Pendidikan,U niversitasN egert MalangP. embimbing(:l ) Drs JosephM bulu,M .Pd (ll) Drs.S ulthoniM, .Pd KataK unci : pengembangannr,o dulp embelaiarane,k onomi. Modul pernbelajaraly' ang se.1alka rnat elah adan amund emikiand alam pelaksanaanayata up enggunaanydai sekolahb elum diterapkand, an lebih banyakg urr.r bclurnm cngcnaal pai tu rnodul.D ari sini dapatd ilihatp elaksanaapne ndidikand i lndoncsigau rum asihm emegangk endalip enuh.P rosesb el a.lamr engalatre rladik alar"r adag urum akap endidikanm asihb ersitatr adisionalU. ntukm enciptakanke mandirian sisrvad alamb elajarp erlu adanyap erbaikan,s alahs atunyad enganm enggunakan modul,r nakad alamp embelajarane konornip erlu dikembangkanb ahanp embelalaran yang berupa nrodul. I3ahanp embelerlarayann gd ikcrnbangkaand alahr nodulp eurbelitlaraenk onotni pokokb ahasanp ermasalahaenk onorniu ntuk siswaS LTP kelasI caturwulanl . Pengembangamno dul pembela.laraenk onomi ini dengant ujuan:u ntuk menghasilkan suatup rodukm odul, matapelajarane konomi pokok bahasanp errnasalahaenk onoml untukS LTPk elasI caturwulanl , yangd apatm enciptakanp embelajaranm andiri atau individual,s iswad apatb elajard engank ecepatanyam asing-masingd, an guru hanya berperalnik a adas iswam engalarnkie sulitand alamm enggunakamn odul. Pengembangamno dul pembelalarane konomi ini hanyad ilakukand alam satu penggalan. Subleku ji cobad alarnp engernbangamn odul pembelajarane konomia dalah ahli nedia, materi,d an audiensa taus iswaS LTP l.aboratoriumU niversitasN egeri Malang. Data yang diperoleh dari ahli materi, media dan audiens atau siswa dengan menggunakaann gkets elanjutnyad ilakukana nalisisp resentases,e dangkanu ntuk mengetahuhi asilb elalars iswa denganm enggunakanm odul, dalarnb entukp re-test danp ost-tesdt ari datai ni dilakr"rkaann alisisd enganm enggunakanu ii testt Prosedurp engembangaunr odul pembelajarane konomi melaluit ahap{ahap sebagabi erikut:( l) analisiss ituasia wal yangm eliputi identifikasip erilakum asukan, identifikaskia rakteristiski srva(.2 ) pengertbangarna ncanganrn oduly angr neliputi, pcnotapaunn it pcnrbcla.jilrapnc,n otapatror pik pcrntrcla.jarapnc,r untusirtnu luan perrbelajarank husus,p engembangabnu tir penilaian,p enetapanis t pembelajarand, an pengembangakne giatanp embelajaran(.3 ) produksim odul meliputi penyusunan bagianI petunjukg uru,b agianl l petunluks iswa,d anb agianI ll lembark eqa.( 4) validasiy angm eliputrp enilaiank onsr"rltaanh li media,m ateri dan siswa.( 5) uji coba lapangan. Darit ahapan-tahapparno sedupr eng embangamn odulp ernbelajr anm odul pembelajaraenko nomid enganp okokb ahasanp ermasalahaenk onomiu ntuk siswa kelaIs c atrrrwulaIn d iperolehm odule konomyi angt er diri darit igap etunjuk penggunaasenb agabi erikut : (l). BagianI petunjukg uru,y angd iperuntukaunn tukg urub erisikante nangh, alaman sampurl,a sionalt,u juanp embelajarapnr,a syarakt,e giatanp embelajaradna, n penilaian. (2) BagianII petunjuks isway, angd iperuntukaunn tuks iswas ebagapi edoman penggunaamno dul,b erisikanh alamans ampuli,d entitasp, etunjuku mum,t ujuan pembelajaradna, nm aterip embelajaran. (3) BagianII I lembark eqa,y angd iperuntukanu ntuk siswas ebagabi ahanu ntuk mengukutrin gkatp encapaiatne rhadamp ateri,y angb erisikante ntangh alaman sampul,e mbark erla,l embars oal,l embarja wabanl,e mbark uncij awaband, an lembapr enilaian. Validasyi angd ilakukano leha hlim ediad enganh asilv alid,a hli materid engan hasivl alid,d ant anggapaanu dienss/i swad enganh asilv alid.S edangkaunn tuku ji testt diperolehha silv alidy aitud engana dap erbedaaann taras ebelumd ans esudah menggunakmano dulp elaiarane konomi. Darid atav alidasdi anu 1ic obal apangayna ngd iperolehm, akap engembangan modupl embelaiaraenk onompi okokb ahasapne rmasalahaenk onomgi ntukS LTP kelasI caturrvulaIn d apatd imanfaatkasne bagabia hanp embelajaraind ividuaal tau klasikalG. unap enyempurnaamno dulp embelajaralenb ihl aniutm akap erlua danya pengembangmaond ulu ntukp okokb ahasayna ngl ainnyau ntukl ebihs empurnaat au lebihb aik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item