Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan ÔÇØPohon PintarÔÇØ pada anak Kelompok A di TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Devi Ratna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan ÔÇØPohon PintarÔÇØ pada anak Kelompok A di TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Devi Ratna Sari

Sari, Devi Ratna (2017) Peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui permainan ÔÇØPohon PintarÔÇØ pada anak Kelompok A di TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Devi Ratna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Devi Ratna. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Permainan Pohon Pintar Pada Anak Kelompok A di TK Star Kids Kecamatan Singosari Kebupaten Malang . Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (2) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Pemahaman Konsep Bilangan Permainan Pohon Pintar Latar belakang yang mendasari penelitian ini dilakukan karena kemampuan pemahaman konsep bilangan anak belum berkembang dengan optimal. Hasil observasi terdapat 1) adanya 10 dari 19 anak yang belum mampu menunjuk lambang bilangan dengan benar 2) 12 dari 19 anak belum mampu membedakan angka 6 dan 9 3) anak belum mampu memasangkan lambang bilangan dengan jumlah gambar benda yang melambangkannya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran terbiasa menggunakan modul (lembar kerja) yang kurang memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan permainan pohon pintar untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang (2) untuk mendeskripsikan penerapan permainan pohon pintar dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok A TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdapat 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Star Kids Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan 19 anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa melalui permainan pohon pintar kemampuan pemahaman konsep bilangan anak dapat meningkat aspek yang dicapai yaitu (a) menyebutkan lambang bilangan 1-10 (b) mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan sampai 10 (c) menggunakan lambang bilangan untuk menghitung. Hal ini terbukti hasil ketercapaian jumlah anak yang mencapai kriteria BSB dalam tiap-tiap aspek pemahaman konsep bilangan pada siklus I persentase ketercapaian aspek A yaitu 57 8% dengan jumlah 11 anak aspek B yaitu 61 3% dengan jumlah 12 anak aspek C yaitu 36 8% dengan jumlah 7 anak. Pada siklus II hasil persentase ketercapaian aspek A yaitu 84 2% dengan jumlah 17 anak aspek B yaitu 89 4% dengan jumlah 17 anak aspek C yaitu 78 9% dengan jumlah 15 anak. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini maka disarankan agar guru dan lembaga dapat menggunakan permainan pohon pintar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan. Bagi peneliti lebih lanjut untuk mengadakan pengembangan sehingga ada inovasi baru dalam penerepan permainan pohon pintar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8489

Actions (login required)

View Item View Item