Meningkatkan keterampilan berbicara melalui media buku cerita bergambar anak usia 5-6 tahun di TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen / Irma Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan berbicara melalui media buku cerita bergambar anak usia 5-6 tahun di TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen / Irma Oktaviani

Oktaviani, Irma (2017) Meningkatkan keterampilan berbicara melalui media buku cerita bergambar anak usia 5-6 tahun di TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen / Irma Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviani Irma. 2017. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Buku Cerita Bergambar Anak usia 5-6 Tahun Di TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono. M.Pd (II) Eny Nur Aisyah S.Pd. I M.Pd Kata kunci keterampilan berbicara buku cerita bergambar anak usia 5-6 tahun Keterampilan berbicara pada anak B (5-6) TK Dharmawanita 02 Cepokomulto Kepanjen dalam keterampilan berbicara belum optimal. Hasil observasi terdapat 1. 16 dari 20 anak masih belum berani bercerita secara sederhana didepan kelas 2. 15 dari 20 anak belum mampu menjawab pertanyaan guru mengenai cerita yang dibacakan 3. Anak masih belum mampu menyusun kalimat dalam bahasa lisan yang baik dan benar. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar kurang di maksimalkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana pemanfaatan media buku cerita bergambar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen (2) apakah pemanfaatan media buku cerita bergambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen . Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan reduksi data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa dengan media buku cerita bergambar keterampilan berbicara anak dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan pencapaian keterampilan berbicara anak pada siklus I sebesar 57 5% sedangkan pada siklus II 87 5%. Berdasarkan keberhasilan yang dicapai pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen. Melihat keberhasilan ini maka disarankan agar guru dapat menggunakan media buku cerita bergambar dalam pembelajarannya. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak dan dapat menyempurnakan lagi dalam hal media yang digunakan agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8487

Actions (login required)

View Item View Item