Pengembangan media Monologi Tiga Dimensi untuk memahami nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun / Dhenok Asrining Puri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Monologi Tiga Dimensi untuk memahami nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun / Dhenok Asrining Puri

Puri, Dhenok Asrining (2017) Pengembangan media Monologi Tiga Dimensi untuk memahami nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun / Dhenok Asrining Puri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puri Dhenok Asrining. 2017. Pengembangan Media Monoligi Tiga Dimensi untuk memahami milai agama dan moral anak usia 5-6 Tahun. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Sandy Tegariyani Putri Santoso S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Monoligi Tiga Dimensi Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan analisis kebutuhan dengan menggunakan wawancara di TK di dapatkan bahwa anak membutuhkan media pembelajaran yang menarik menarik dalam hal kemasan maupun materi yang ada pada media pembelajaran dan membuat anak ikut aktif dalam penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik di maksudkan untuk membuat anak lebih bersemangat dalam mencoba media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran pada pengembangan pembelajaran nilai agama dan moral anak serta media pembelajaran yang layak pada aspek keamanan kesenangan dan kemudahan saat digunakan oleh anak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development 4D langkah-langkah yang dilakukan antara lain 1) Tahap Pendefinisian/Pengidentifikasian 2) Tahap Perancangan 3) Tahap Pengembangan 4) Tahap Diseminasi /Penyebaran. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Uji coba lapangan yang dilakukan sebanyak tiga kali mendapatkan hasil analisis data keseluruhan sebagai berikut media monoligi tiga dimensi aman 100% menyenagkan 100% dan mudah 100% untuk digunakan anak dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan media monoligi tiga dimensi dapat di simpulkan bahwa media monoligi tiga dimensi adalah media pembelajaran yang aman untuk dimainkan anak baik dari bahan maupun materi yang diajarkan menyenangkan bagi anak untuk dimainkan secara berkelompok di luar maupun di dalam ruangan dan mudah untuk digunakan dalam pembelajaran media monoligi tiga dimensi menjadi salah satu alternatif sebagai media pembelajaran untuk menanamkan nilai agama dan moral anak TK kelompok B. Bagi peneliti selanjutnya media ini dapat diuji cobakan kepada kelompok yang lebih luas atau disosialisasikan kepada lembaga-lembaga yang terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8486

Actions (login required)

View Item View Item