Penggunaan permainan lego untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita I Kembiritan Kabupaten Banyuwangi / Faradita Yosalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan lego untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita I Kembiritan Kabupaten Banyuwangi / Faradita Yosalina

Yosalina, Faradita (2017) Penggunaan permainan lego untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita I Kembiritan Kabupaten Banyuwangi / Faradita Yosalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yosalina Faradita. 2016. Penggunaan Permainan Lego Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita I Kembiritan Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd. (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Kecerdasan Visual Spasial Permainan Lego Fakta di lapangan pelaksanaan kegiatan visual spasial anak belum maksimal. Dari 29 anak di kelompok B hanya 20% atau sekitar 5 anak dari jumlah yang mempunyai kecerdasan visual spasial baik seperti anak senang bermain dengan bentuk dan ruang anak dapat membangun konstruksi 3 dimensi yang menarik serta anak lebih aktif mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan abstraksi ruang sedangkan sisanya masih perlu dikembangkan dan di asah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui permainan lego dalam upaya meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita I Kembiritan Banyuwangi (2) Apakah penggunaan permainan lego dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita I Kembiritan Banyuwangi Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan bersiklus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar observasi lembar wawancara dan foto kegiatan Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita I Kembiritan Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 29 anak. Pelaksanaan permainan lego dari pratindakan ke Siklus I dengan anak dikenalkan aturan bermain dan hasil yang dicapai. Siklus I ke Siklus II dengan perubahan sistem pembelajaran klasikal menjadi kelompok dan penambahan gambar binatang untuk mendukung proses bermain. Hasil penelitian pelaksanaan permainan lego dapat dilihat dari hasil karya anak yang semakin meningkat dari mulai pratindakan yang cenderung memilih permainan lain Siklus I bentuk binatang belum sesuai tema dan Siklus II sudah sesuai tema. Prosentase data hasil pratindakan sebesar 37 36% prosentase Siklus I sebesar 55 03% dan prosentase Siklus II sebesar 85 91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak menggunakan permainan lego selain itu keberhasilan dalam penelitian adanya motivasi dari guru dan pendampingan kepada anak agar anak senang aktif dan menghasilkan karya menarik dalam permainan lego. Saran dari peneliti adalah dapat memberikan masukan bagi peningkatan mutu pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam permainan lego dan meningkatkan kecerdasan visual spasial yang lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item