Penerapan permainan roda manusia untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PKK Melati Junrejo / Elvin Karina Triandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan roda manusia untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PKK Melati Junrejo / Elvin Karina Triandani

Triandani, Elvin Karina (2017) Penerapan permainan roda manusia untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak PKK Melati Junrejo / Elvin Karina Triandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karina Triandani Elvin. 2017. Penerapan Permainan Roda Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok Bdi Taman Kanak-Kanak PKK Melati Junrejo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (II)Retno Tri Wulandari S.Pd M.Pd Kata Kunci Permainan roda manusia sosial emosional kelompok B. Penelitian ini berlatar belakang kurang berkembangnya kemampuan sosial emosional anak khususnya untuk kelompok B di TK PKK Melati Junrejo. Faktor penyebab dari permasalahan diatas yaitu karena kurangnya melatih anak dalam bekerjasama antar teman terutama dalam bermain. Kelompok B berjumlah 16 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan dan dari 16 anak tersebut terlihat ketercapaian anak dalam kemampuan sosial emosional masih rendah yaitu sejumlah 4 anak sedangkan 12 anak masih mengalami kesulitan. Tujuan dalam penelitian ini (1)mendeskripsikan penerapan permainan roda manusia dalam pengembangan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK PKK Melati Junrejo (2)mendeskripsikan peningkatan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan roda manusia pada kelompok B di TK PKK Melati Junrejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan model PTK yang terdiri atas 2 siklus masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Setiap siklus memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan dan pengamatan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B dengan jumlah 16 di TK PKK Melati Junrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah deskriptif. Pembelajaran dengan menerapkan permainan roda manusia yaitu kegiatan bermain yang dilakukan dengan cara berkelompok dan mengutamakan kerja sama yang baik dalam menggerakkan sebuah roda luar agar mencapai tujuan. Hasil penelitian dari penerapan permainan roda manusia untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dapat dideskripsikan sebagai berikut pratindakan ketercapaian anak masih mencapai 25% pada siklus I yang dilaksanakan dalam dua pertemuan berhasil mencapai persentase ketercapaian sebesar 50% sampai pada siklus II yang dilaksanakan dalam dua pertemuan mencapai hasil sesuai harapan dengan perolehan persentase ketercapaian sebesar 81 25%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan permainan roda manusia dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK PKK Melati Junrejo. Oleh karena itu disarankan sekolah dapat memfasilitasi dengan menyediakan media permainan roda manusia yang aman dan nyaman sehingga guru dapat menerapkan permainan roda manusia untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dan hasil penerapan permainan roda manusia ini dapat digunakan sebahai bahan penelitian selanjutnya. ABSTRACT Keywords Human wheel games social emotional group B. This research is based on the lack of development of social emotional skills of children especially for group of PKK PKK Melati Junrejo. The cause of the above problems is due to lack of training children in cooperation between friends especially in play. Group B is 16 children consisting of 6 males and 10 females and from 16 children the child s achievement in social emotional skills is still low that is 4 children while 12 children are still having difficulties. The aims of this research are (1) to describe the application of human wheel game in developing social emotional skills of children group B in TK PKK Melati Junrejo (2) to describe the improvement of social emotional skills of children through human wheeled game on group B in TK PKK Melati Junrejo. The research method used in this research is descriptive research with PTK model consisting of 2 cycles each cycle is held 2 times meeting. Each cycle has several stages planning action and observation reflection. Subjects in this study were group B with amount 16 in TK PKK Melati Junrejo. Data collection techniques used are observation sheets interviews and documentation. The technique used is descriptive. Learning by applying the game of the human wheel is the activity of play that is done by way of groups and prioritizes good cooperation in moving an outer wheel in order to achieve the goal. The results of the application of human wheel games to improve the social emotional skills of children can be described as follows pre action achievement of children still reaches 25% in cycle I which was held in two meetings reached 50% percentage achievement until cycle II which was held in two meetings Achieve results as expected with the acquisition percentage percentage of 81.25%. The conclusion of this research that the implementation of human wheel game can improve social emotional skills of children group B in TK PKK Melati Junrejo. Therefore it is suggested that the school can facilitate by providing a safe and comfortable human wheel game so that the teacher can apply the game of human wheel to improve the emotional social capability of the child and the result of the application of this human wheel game can be used as the next research material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8478

Actions (login required)

View Item View Item