Penerapan media boneka jari dalam kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak pada kelompok A2 di TK PKK Bandulan Malang / Qois Al Choir

Al Choir, Qois (2017) Penerapan media boneka jari dalam kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak pada kelompok A2 di TK PKK Bandulan Malang / Qois Al Choir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choir, Qois Al. 2017. Penerapan Media Boneka Jari dalam Kegiatan Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak pada Kelompok A2 di TK PKK Bandulan Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Suharjo, M.S., M.A, (II) Leni Gonadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Boneka Jari, Kemampuan Menyimak, Capaian Belajar Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada kelompok A2 di TK PKK Bandulan Malang, diketahui 14 dari 18 anak tidak bisa mengembangkan waktu perhatian yang amat panjang terhadap cerita, 13 dari 18 anak tidak dapat menjawab pertanyaan sedehana dari guru dan 13 dari 18 anak tidak dapat mengingat petunjuk dan pesan yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan media boneka jari dalam kegiatan bercerita, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak anak dengan diterapkannya penerapan media boneka jari dalam bercerita. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan meliputi data catatan lapangan, hasil observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok A2 tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan penerapan media boneka jari dalam kegiatan bercerita dilaksanakan dengan sembilan langkah-langkah dan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak pada siklus I anak dapat menjawab pertanyaan sederhana terdapat10 anak kemudian meningkat menjadi 17 anak pada siklus II. Selain itu, pada mengingat petunjuk-petunjuk dan pesan-pesan yang sederhana pada siklus I terdapat 10 anak kemudian meningkat lagi menjadi 17 anak pada siklus II. Hal yang sama terjadi pada mengembangkan waktu perhatian yang amat panjang terhadap cerita pada siklus I terdapat 10 anak kemudian meningkat menjadi 18 anak pada siklus II. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk memperbaiki tindak pembelajaran, dan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan media boneka jari untuk mencapai belajar yang lain di kompetensi dasar yang berbeda sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item