Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media topeng pada anak kelompok B TK Permata Bunda Sawojajar Malang / Afifaturrahmi

Afifaturrahmi (2017) Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media topeng pada anak kelompok B TK Permata Bunda Sawojajar Malang / Afifaturrahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifaturrahmi. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Topeng pada Anak Kelompok B TK Permata Bunda Sawojajar Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd., (II) Suryadi, S.Sn., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Media Topeng, Anak Kelompok B Keterampilan berbicara merupakan mengungkapkan pikiran, perasaan, dan ide melalui kalimat terstruktur yang di dalamnya terdapat makna meliputi bertanya, menjawab, bercerita, menyampaikan, dan berbicara kepada orang lain. Berdasarkan hasil observasi terhadap anak kelompok B di TK Permata Bunda, ditemukan bahwa kualitas pembelajaran dan keterampilan berbicara anak masih belum optimal. Hal tersebut dikarenakan anak kurang antusias dalam pembelajaran serta penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga anak cepat bosan. Permasalahan yang ditemukan, akan dipecahkan melalui pemberian tindakan menggunakan media pembelajaran topeng untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media topeng untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B TK Permata Bunda Sawojajar Malang dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media topeng pada anak kelompok B TK Permata Bunda Sawojajar Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Serta menggunakan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis & MC. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan penelitian, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Permata Bunda yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dan dokumentasi. Analisis penelitian data dilakukan secara deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas pembelajaran setelah pemberian tindakan mengalami peningkatan. Sebelum tindakan kualitas pembelajaran belum optimal dikarenakan permasalahan yang muncul mengakibatkan suasana kelas belum dapat dikontrol dan mengalami peningkatan setelah tindakan yaitu suasana kelas yang dapat dikontrol sehingga tujuan dalam pembelajaran tercapai, (2) hasil pembelajaran menggunakan media topeng mengalami peningkatan setelah pemberian tindakan. Sebelum tindakan capaian keberhasilan keterampilan berbicara anak belum optimal. Setelah pemberian tindakan persentase capaian keberhasilan kelas meningkat sebesar 44%. Peningkatan yang terjadi pada siklus II sudah optimal dan sesuai harapan. ABSTRACT Afifaturrahmi. 2017. Improvement of Speech Skills Using Mask Media in Children Group B Kindergarten Permata Bunda Sawojajar Malang. Thesis Prodi S1 - Teacher Education Early Childhood Education, Department of Primary School Education and Preschool, Faculty of Education, State University of Malang. Supervisor: (I) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd., (II) Suryadi, S.Sn., M.Pd. Keywords: Speech Skills, Media Mask, Child Group B Speech skills are expressing thoughts, feelings, and ideas through a structured sentence in which there are meanings including asking, answering, telling stories, conveying, and talking to others. Based on the observation of the group B children in Permata Bunda kindergarten, it was found that the quality of learning and speaking skills of children is still not optimal. This is because children are less enthusiastic in learning and the use of methods and learning media that are less varied so the child quickly bored. The problems found, will be solved through the provision of action using mask learning media to improve the quality of learning and speaking skills of children. This research was conducted with the aim to describe the use of mask media to improve speech skill in children group B TK Permata Bunda Sawojajar Malang and describe the improvement of speech skill using mask media in children group B TK Permata Bunda Sawojajar Malang. The study used a classroom action research design (PTK). And use the model developed by Kemmis & MC. Taggart. This research is carried out in two cycles through the planning stage, the implementation of research action, observation and reflection. Each cycle is held in 2 meetings. The subjects of this study were the children of B TK Permata Bunda group which amounted to 16 children. Data collection techniques used in the form of observation, and documentation. Analysis of data research is done descriptively qualitative and quantitative. The results of this study indicate that: (1) the quality of learning after the action has increased. Before the action of learning quality is not optimal due to the problems that arise cause the classroom atmosphere can not be controlled and improved after the action is classroom atmosphere that can be controlled, (2) the learning result using mask media has increased after action. Before the action of child speaking skills not yet optimal. After giving the achievement of class success achievement increased by 44%. The increase that occurred in cycle II was optimal and as expected.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item