Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B RA 045 Syarif Hidayatullah Kota Batu / Ainur Rizqi Mas'udah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B RA 045 Syarif Hidayatullah Kota Batu / Ainur Rizqi Mas'udah

Mas'udah, Ainur Rizqi (2017) Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B RA 045 Syarif Hidayatullah Kota Batu / Ainur Rizqi Mas'udah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mas Udah Ainur Rizqi. 2017. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B RA 05 Syarif Hidayatullah Kota Batu. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Leni Gonadi S.Pd M.Pd. Kata kunci Metode Sosiodrama kemampuan berbicara anak kelompok B. Hasil observasi awal ditemukan bahwa anak kelompok B mengalami permasalahan pada kemampuan berbicara. Antara lain anak mengalami kesulitan memahami kata perintah dengan sekali kata perintah dan anak mengalami kesulitan memahami dan menjawab pertanyaan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran sosiodrama dalam kegiatan mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B RA 05 Syarif Hidayatullah Kota Batu (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B RA 05 Syarif Hidayatullah Kota Batu melalui metode sosiodrama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA 05 Syarif Hidayatullah Kota Batu dengan 21 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif yang didapat menggunakan lembar observasi sedangkan kualitatif berupa wawancara dan dokumentasi video dan foto selama proses pembelajaran. Penerapan metode sosiodrama dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Ketercapaian kelas pada siklus I untuk kemampuan berbicara anak sebesar 15%. Sedangkan pada siklus II ketercapaian kelas mencapai 85 7%. Dari hasil perbandingan Siklus I dan Siklus II diperoleh peningkatan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B RA 05 Syarif Hidayatullah Kota Batu. Saran dari peneliti pada khusunya para pendidik Taman Kanak-kanak diharapkan dapat menerapkan metode sosiodrama dalam mengatasi permasalahan kemampuan berbicara anak serta senantiasa meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam kompetensi pembelajaran anak usia dini. ABSTRACT Mas Udah Ainur Rizqi. 2017. The Implementation of Sociodrama Method to Improve Speaking Ability for Children of Group B RA 05 Syarif Hidayatullah Batu City. Thesis Department of Elementary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Supervisors (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Leni Gonadi S.Pd M.Pd. Keywords Sociodrama Method Speaking Ability for Children of Group B The result of initial observation found that children of Group B have difficulty in speaking ability. These difficulties such as they have difficulty in understanding and answering questions by using appropriate Indonesian language. This research is formulated as follows (1) describe the implementation of sociodrama learning method in the activity of developing speaking ability for children of Group B RA (Islamic Kindergarten) 05 Syarif Hidayatullah Batu City (2) describe the improvement of speaking ability for children of Group B RA 05 Syarif Hidayatullah Batu City through sociodrama method. The research design that used in this research was Classroom Action Research which consists of 4 stages planning implementation observation and reflection. This Classroom Action Research was conducted on two cycles in which each cycle consists of two meetings. The research subject was children of Group B RA 05 Syarif Hidayatullah Batu City for 21 students. Data collection technique included observation interview and documentation. Data analysis technique that used in this research was quantitative data analysis which obtained by using observation sheets while qualitative data obtained by interview and video and photo documentation during the learning process. The implementation of sociodrama method conducted on two cycles where each cycle consists of two meetings. Attainment class on cycle I for the speaking ability of children was 15%. While on cycle II the attainment class of speaking ability for 85 7%. From the comparison between cycle I and cycle II there was significant improvement. This research conclusion showed that the implementation of sociodrama method able to improve speaking ability for children of Group B RA 05 Syarif Hidayatullah Batu City. Suggestion from the researcher especially to the educators in Kindergarten should be able to implement sociodrama method in overcoming with problem of speaking ability as well as to always improve innovation and creativity in the early childhood learning competence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item View Item