Pengembangan media spelling stick dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun / Nurul Fatimah Tuz Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media spelling stick dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun / Nurul Fatimah Tuz Sa'diyah

Sa'diyah, Nurul Fatimah Tuz (2017) Pengembangan media spelling stick dalam pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun / Nurul Fatimah Tuz Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa diyah Nurul Fatimah Tuz 2017. Pengembangan Media Spelling Stick Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M. Pd. (II) Eny Nur Aisyah S Pd. I M. Pd. Kata Kunci Media spelling stick membaca permulaan anak usia 5-6 Tahun Kegiatan pembelajaran membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun (TK B) yang dilakukan di TK Dharmawanita 02 Cepokomulyo Kepanjen menunjukan bahwa anak membutuhkan inovasi terhadap kegiatan dan media pembelajaran yang digunakan. Dan pemahaman anak terhadap unsur huruf kurang optimal karena anak hanya bisa membaca kata atau kalimat berdasarkan nama-nama benda di sekitarnya. Media pembelajaran merupakan suatu perantara dalam menyampaikan materi pembelajaran dari guru kepada anak. Spelling stick merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan produk media pembelajaran yang aman mudah dan menarik bagi anak usia 5-6 tahun untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan research and development Dick and Carey yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi 9 langkah yaitu 1) analisis kebutuhan dan tujuan 2) analisis pembelajaran 3) analisis siswa dan konteks 4) merumuskan tujuan performansi 5) mengembangkan instrumen atau alat tes 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif 9) melakukan revisi. Instrumen yang digunakan berupa kuisioner pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil pengembangan pada analisis data diperoleh hasil persentase sebesar 87 5% dari ahli media pembelajaran 90% dari ahli materi pembelajaran dan 92 5% dari ahli praktisi/guru dengan hasil keseluruhan sebesar 90% sehingga dapat dikatakan masuk dalam kategori valid atau layak digunakan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 100% media aman 95 4% mudah dan 100% menarik bagi anak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media spelling stick layak digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam pembelajaran anak usia 5-6 tahun. Diharapkan media spelling stick ini dapat diuji cobakan pada subjek yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item