Penggunaan media boneka tangan dalam metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK B di TK An-Nur Kabupaten Malang / Prilly Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media boneka tangan dalam metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK B di TK An-Nur Kabupaten Malang / Prilly Kartika

Kartika, Prilly (2017) Penggunaan media boneka tangan dalam metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK B di TK An-Nur Kabupaten Malang / Prilly Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartika Prilly. 2017. Penerapan Media Boneka Tangan Melalui Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK B di TK An-Nur Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama S. Pd M. Pd. (II) Leni Gonadi S. Pd M. Pd Kata Kunci Media Boneka Tangan kemampuan berbahasa kegiatan bercerita Kemampuan berbahasa anak TK B di TK An-Nur Kabupaten Malang tergolong masih kurang. Hasil pengamatan di TK B dari 20 anak terdapat 2 anak yang masih belum melakukan kegiatan secara maksimal. Permasalahan ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian anak. Rumusan masalah penelitian ini 1) Bagaimana penerapan penggunaan media boneka tangan melalui metode bercerita anak TK B di TK An-Nur 2) Apakah penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK B di TK An-Nur Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif yang terdiri atas 2 siklus 4 tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pedoman wawancara dan foto proses pembelajaran. Subjek penelitian ini sebanyak 20 anak diantaranya 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui pencapaian perkembangan kemampuan bahasa anak sebelum dan sesudah dilakukan penelitian dengan menggunakan media boneka tangan kepada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dilaksanakan dengan baik oleh guru dan anak. Kemampuan berbahasa anak dalam kegiatan bercerita menggunakan media boneka tangan mencapai 54 15 dan persentase 47 5% dengan kriteria kurang baik pada siklus I sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 76 35 dan persentase 82 5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak TK B di TK An-Nur Kabupaten Malang. Oleh karena itu penerapan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak sangat disarankan karena sangat menarik bagi anak dan antusias anak saat melakukan kegiatan bercerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8472

Actions (login required)

View Item View Item